Categories: MotoGP

Quartararo Kondisi Prima, ‘Triple Crown’ di Depan Mata

RiderTua.com – Lin Jarvis berujar, Quartararo dalam kondisi prima… Setelah GP Misano, Fabio Quartararo memimpin Kejuaraan Dunia pembalap dengan unggul 48 poin di depan Pecco Bagnaia (Ducati). Tetapi Yamaha kalah 13 poin di Kejuaraan Dunia konstruktor (engine) dari Ducati. Sementara Monster Energy Yamaha unggul 3 poin atas tim Ducati Lenovo di Kejuaraan Dunia tim. Yamaha berpeluang memenangkan Triple Crown lagi untuk pertama kalinya sejak 2015 (dengan Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi). “Saya berharap Fabio bisa meraih gelar sebelum balapan final di Valencia,” kata Lin Jarvis, Managing Director Yamaha Motor Racing. Yamaha telah memenangkan setidaknya 13 dari 28 balapan di kelas MotoGP sejak awal musim 2020. Fabio Quartararo meraih 8 kemenangan, Morbidelli 3 kemenangan dan Vinales 2 kemenangan. Sedangkan Ducati hanya merayakan 7 kemenangan selama periode ini (Miller 2 kali, Bagnaia 2 kali, Dovizioso 1 kali, Petrucci 1 kali, Martin 1 kali). KTM telah mencetak 5 kemenangan (Oliveira 3 kali, Binder 2 kali), Suzuki 2 kemenangan (Rins 1 kali, Mir 1 kali), Honda dengan Marc Marquez 1 kali.

Jarvis: Quartararo Kondisi Prima, Triple Crown di Depan Mata

Tetapi para manajer Yamaha juga harus menghadapi beberapa ‘nasib apes’ dalam beberapa bulan terakhir. Pertama penangguhan dan kemudian berpisah dari Maverick Vinales, sebelumnya pemutusan kontrak untuk 2022. Kedua, pencarian yang sulit untuk pembalap di Petronas-Yamaha untuk 2022. Ketiga, penarikan sponsor utama Petronas setelah 3 tahun dan yang keempat pengunduran diri Rossi .

Media Italia bersorak karena pemimpin klasemen Fabio Quartararo telah kehilangan 22 poin dari pembalap Ducati Pecco Bagnaia dalam 2 balapan terakhir, dan persaingan di Kejuaraan Dunia masih terbuka dengan 4 balapan tersisa.

Tapi Lin Jarvis selaku Managing Director Yamaha Motor Racing, mengatakan dengan tenang dalam sebuah wawancara, “Fabio telah mencetak 78 poin sejak liburan musim panas, sementara Bagnaia 77. Jadi bisa dibilang, mengumpulkan jumlah poin yang hampir sama dalam 5 balapan terakhir. ”

“Jadi dari sudut pandang itu ada plus dan minusnya. Bagnaia merayakan kemenangan MotoGP pertamanya di Aragon. Kita tahu cara kerjanya. Pembalap yang berhasil merayakan kemenangan pertama pasti dia mendapatkan banyak kepercayaan diri. Dan itu tipikal pembalap, kemudian pergi ke balapan berikutnya dengan penuh percaya diri. Tahun lalu Bagnaia sangat cepat di Misano sampai dia jatuh. Jadi saya tidak terkejut melihatnya super cepat kali ini. Pada saat yang sama, Bagnaia dan Fabio praktis sama kuatnya saat balapan.”

Bos asal Inggris itu menekankan, “Itulah mengapa saya tidak terlalu khawatir. Jika kami tidak balapan di Misano dalam 4 minggu, itu akan lebih dingin dan pilihan ban akan menjadi penting. Tapi saya pikir Fabio benar-benar percaya diri di trek ini. Trek Texas biasanya tidak terlalu bagus untuk kami. Tetapi Valentino kalah pada balapan terakhir di sana pada 2019 hanya dengan selisih 0,4 detik dari pemenang Rins. Jadi kami tidak terlalu khawatir tentang Austin. Setelah Misano-2 datanglah Portimao, di mana Fabio sangat kuat disana. Lalu ada balapan final di Valencia, trek yang tidak disukai pembalap.”

“Pada dasarnya, saya berharap keputusan itu tidak akan dibuat di Valencia. Saya harap kami bisa mempertahankan poin dan mungkin memenangkan kejuaraan dunia sebelum balapan terakhir.”

Konsistensi Quartararo dan pengaruh M1-Yamaha adalah nilai tambah besar dari Yamaha. Pada tahun 2021, ‘El Diablo’ 13 kali start dari barisan depan dalam 14 balapan, dia telah meraih 9 podium tahun ini. Dan jika tanpa insiden ritsleting rusak, pembalap berusia 22 tahun itu pasti akan finis di tempat pertama atau kedua di Catalunya.

Pembalap pabrikan Ducati Pecco Bagnaia dan Jack Miller meraih 9 podium bersama-sama, sementara Quartararo seorang diri saja.

“Fabio dalam kondisi sangat baik, dia merasa ringan dan percaya diri. Saya harap dia bisa melakukan pekerjaan itu dalam beberapa balapan berikutnya,” pungkas Jarvis.

Rafie Satya Pradipta

Leave a Comment

Recent Posts

Jack Miller Mengakui Sulit Melawan Acosta, Kaget dengan Gaya Balapnya dan Ingin Belajar dari Rookie MotoGP Itu?

RiderTua.com - Jack Miller mengakui bahwa tidak ada peluang melawan Acosta, pembalap Australia itu terkesan dengan rookie GasGas di Portimao..…

29 Maret 2024

Hyundai Dapat Mengekspor Ioniq 5 N Rakitan Lokal?

RiderTua.com - Dengan Hyundai yang telah meluncurkan Ioniq 5 N di Korea Selatan, model ini akan dihadirkan di negara lainnya.…

29 Maret 2024

Kia EV9 Raih Gelar World Car of the Year Tahun 2024

RiderTua.com - Produk dari Kia sudah tidak bisa diragukan lagi soal kualitasnya. Terlebih dengan model BEV yang dijualnya sejauh ini,…

29 Maret 2024

Hyundai Ioniq 5 Mendapatkan Varian N Lebih Dulu Dari Ioniq 6

RiderTua.com - Hyundai telah meluncurkan Ioniq 5 N sebagai mobil listrik berperforma tinggi pertama dari divisi mobil sport N. Model…

29 Maret 2024

Hyundai Belum Memutuskan Harga Kona EV Terbaru

RiderTua.com - Hyundai Kona Electric generasi terbaru telah dihadirkan di Indonesia, hanya saja harga jualnya tidak ikut diumumkan. Meski mereka…

29 Maret 2024

Honda akan Merilis Lebih Banyak Mobil HEV?

RiderTua.com - Honda baru memiliki dua mobil hybrid yang dijual di Indonesia, yaitu CR-V dan Accord e:HEV. Meskipun dijual dengan…

29 Maret 2024