BR-V Disegarkan Lebih Dulu Ketimbang Mobilio, Ini Alasannya

0
All New BR-V sebagai N7X Concept (Honda Indonesia/Twitter)

RiderTua.com – Honda Prospect Motor (HPM) sudah menyegarkan sejumlah produknya di Indonesia. Dari CR-V sampai BR-V, model tersebut sudah mendapat berbagai peningkatan maupun penyegaran pada tampilannya. Namun entah mengapa Honda menyegarkan BR-V lebih dulu ketimbang LMPV unggulannya, Mobilio. Padahal Mobilio juga cukup laris terjual di pasarnya.

Baca juga: Honda Pasang Target Penjualan All New BR-V Tahun Depan

Honda Segarkan BR-V Lebih Dulu

Baik BR-V maupun Mobilio sama-sama memakai platform yang sama, termasuk Brio (Satya dan RS). Jadi tak heran kenapa desain ketiga mobil Honda ini begitu mirip, meski ditempatkan di segmen yang berbeda. Kalau BR-V di segmen LSUV, Mobilio berada di segmen LMPV dan Brio masuk ke dalam dua segmen, yaitu LCGC dan city car.

Brio sendiri sudah memasuki generasi keduanya pada tahun 2018, dan BR-V di tahun ini. Artinya tinggal Mobilio saja yang belum memasuki generasi kedua (tidak termasuk model yang dijual di Jepang). Entah mengapa HPM tak juga merombak LMPV unggulannya tersebut sejak tahun 2014 silam.

(Tempo.co)

Di-Facelift Belakangan?

Honda mengaku menyegarkan BR-V lebih dulu karena sudah melihat potensi pasar dari segmen SUV di Indonesia. Segmen LSUV juga tengah berkembang pesat belakangan ini, terlebih setelah insentif PPnBM diberikan untuk model jenis tersebut. Sehingga inilah waktu yang pas bagi HPM untuk meluncurkan model terbaru untuk BR-V.

Segmen SUV juga masih ngetren di seluruh dunia sampai sekarang, walau di Indonesia segmen ini menghadapi persaingan dengan MPV. Memang karena segmen MPV sedang tumbuh subur belakangan ini, dan keadaannya hampir mirip dengan segmen LSUV. Tapi sepertinya HPM menyegarkan BR-V agar segmennya bisa berkembang pesat.

Jadi ada kemungkinan kalau Honda bakal menyegarkan Mobilio setelah merilis All New BR-V. Apalagi mobil misterius yang sempat ditampakkan sebelumnya setelah peluncuran BR-V diduga kuat adalah All New Mobilio. Walau ini baru dugaan, karena sosoknya sendiri sengaja tak ditampakkan oleh Honda.

Leave a Reply