Categories: MotoGP

Dovi: Di Yamaha Tidak Bisa Membalap dengan Insting

RiderTua.com – Dovi mengatakan, berbeda saat di Ducati, dengan M1 dia tidak bisa membalap secara naluriah (memakai insting balap)… GP Misano menandai comebacknya Andrea Dovizioso ke MotoGP. Pendatang baru Petronas Yamaha itu mengingatkan, “Menyesuaikan gaya balap butuh waktu. Tes selama 2 hari ini sangat penting, karena saya melahap beberapa kilometer dengan motor, dan itu bagus,” tegas Dovizioso setelah menjalani tes di Misano. “Kami mencoba set-up yang berbeda dan beberapa hal yang berbeda. Penting bagi saya untuk memahami motor dan reaksi saya terhadap perubahan ini,” lanjutnya.

Dovi: Di Yamaha Tidak Bisa Membalap dengan Insting

Terutama ketika Andrea Dovizioso melaju di belakang pembalap Yamaha lain dan pemimpin klasemen Fabio Quartararo pada Rabu sore. Dia menyatakan, “Saya ingat betul apa yang terjadi pada 2012 (saat dia di Yamaha), dan itu adalah hal yang sama persis. Saya harus melaju sepanjang waktu. Mendesain ulang di setiap trek, karena motor membutuhkan pendekatan yang sama sekali berbeda terhadap trek.”

“Senang mendengarnya. Karena ketika kita menyadari bahwa kita harus melakukan sesuatu yang berbeda, itu bagus karena kita tahu di area apa kita harus bekerja. Saya pikir perlu waktu untuk mengubahnya. Jika saya membalap secara naluriah (insting), itu tidak akan terjadi. Tetapi itulah pekerjaan yang harus kami lakukan dengan tim. Untungnya, kami masih memiliki 4 balapan dan 1 kali tes untuk itu,” tegas pembalap berusia 35 tahun itu.

Sebagai pengingat, Andrea Dovizioso menyelesaikan balapan pertamanya musim ini dan sekaligus balapan MotoGP pertama di Yamaha sejak akhir musim 2012 di posisi ke-21 atau yang terakhir. 42,587 detik di belakang pemenang Pecco Bagnaia, penggantinya di tim pabrikan Ducati. .

Lap balapan tercepat dari Dovizioso adalah 1: 33.493 menit. Di Q1 pada hari Sabtu dia finis terakhir mencatatkan waktu 1: 33.098 menit. Dovi menyelesaikan tes Misano pada hari Rabu di posisi 18 di peringkat harian, 1,246 detik di belakang Aleix Espargaro (Aprilia). Pembalap Petronas Yamaha itu membukukan catatan waktu terbaiknya 1: 32,665 menit pada Selasa sore, ketika dia menyelesaikan sesi di posisi ke-19 dan tertinggal 1,141 detik di belakang Bagnaia.

Jadi bisa terlihat ada peningkatan. Saat Dovi ditanya, apakah lebih pada mengadaptasi gaya balap atau apakah Dovi dan kru Petronas SRT-nya sudah melakukan perubahan pada A-spec M1?

“Ini hal yang berbeda, kami sedikit meningkat dengan motor. Berdasarkan apa yang saya lihat sejauh ini, Yamaha biasanya tidak mengubah banyak hal karena mereka tahu motor ini dengan sangat baik dan sudah tahu apa yang berhasil dan apa yang tidak,” jawab runner-up MotoGP 3 kali itu.

“Saya pikir itu lebih merupakan pekerjaan yang kami lakukan dengan tim sehingga saya bisa beradaptasi dengan motornya. Saya masih di belakang lintasan sekarang, tapi saya bukan yang terakhir. Kecepatannya dapat diterima. Sebelum saya sampai di Misano, target saya adalah untuk mendapatkan kecepatan yang sama dengan grup dan kemudian mulai mengerjakan beberapa detail untuk menjadi lebih cepat. Dari sini kita bisa puas,” dia melihat target pertamanya terpenuhi.

GP Texas akan digelar 10 hari lagi. Apa persiapan Dovi menjelang balapan di Austin? Dovi berkata, “Semuanya baru dan saya harus bekerja di banyak area selain trek. Saya benar-benar tidak tahu. Saya juga tidak tahu kondisi apa yang akan kami temukan. Ini adalah trek yang sangat menuntut dan ada banyak gundukan di sana.”

“Saya pikir beberapa perubahan telah dibuat, kita harus melihat apa dampaknya bagi semua pembalap. Level grip akan berdampak, suhu akan tinggi, dan itu juga terlihat. Tentang motor ini, semuanya baru bagi saya. Jadi sulit untuk memprediksi apa pun. Dari tata letak, saya bisa membayangkan itu bisa bagus untuk motor Yamaha. Tapi saya tidak punya pengalaman (dengan M1) untuk tahu persisnya.”

This post was last modified on 24 September 2021 12:51

Rafie Satya Pradipta

Leave a Comment

Recent Posts

Rumor Jack Miller Ditukar Pedro Acosta Musim Ini, Ini Jawaban Bos KTM

RiderTua.com - Secara kontrak KTM dapat menukar pembalap antar timnya di tengah musim, tetapi pabrikan asal Austria itu tidak berencana…

19 April 2024

Wuling Dkk Tawarkan Diskon Untuk Mobil Listriknya di Indonesia

RiderTua.com - Wuling masih menjadi pemimpin penjualan mobil listrik di Indonesia pada Maret lalu. Binguo yang mampu menjadi model BEV…

18 April 2024

Hyundai, Kia, dan Toyota Hadirkan Diskon Untuk MPV Mewahnya

RiderTua.com - Hyundai tidak hanya menghadirkan low MPV Stargazer di Indonesia, tetapi juga MPV mewah Staria. Nyatanya model ini hadir…

18 April 2024

Marc Marquez Bahagia: Di Qatar Duel Melawan Martin, di Portimao Bertarung dengan Pecco!

RiderTua.com - Marc Marquez kehilangan peluang meraih kemenangan di GP Amerika karena masalah pengereman, sehingga rider Gresini Ducati itu gagal…

18 April 2024

Siap Dibawa Trabasan! Modifikasi Honda CB350 RS Jadi Motor Scrambler

RiderTua.com - Dirt Freak Jepang yang menyediakan banyak sparepart modifikasi, kini mereka mengenalkan Honda CB350 RS yang telah dimodifikasi menjadi…

18 April 2024

Toyota Alphard Masih Memiliki Banyak Pesanan di Indonesia

RiderTua.com - Toyota memang cukup sukses dalam menjual mobil di Indonesia, terbukti dengan angka penjualannya yang tinggi selama ini. Bahkan…

18 April 2024