Yamaha Masih Jualan YZF-R6, Tapi…

0
(Yamaha Motorsports)

RiderTua.com – Kini Yamaha sudah tak lagi menjual YZF-R6 di pasar. Memang karena model terbarunya, yaitu YZF-R7, diluncurkan beberapa bulan lalu untuk menggantikannya. Ternyata Yamaha masih menghadirkan R6 sampai sekarang. Hanya saja mereka hanya menyediakan versi balapnya alias track only.

Baca juga: Yamaha Siap Rilis Motor Sport R15M?

Yamaha Tetap Hadirkan R6 di Pasar

YZF-R series menjadi lini motor sport unggulan yang dimiliki Honda di pasar roda dua global. Berbagai varian sudah dihadirkan, walau varian baru yang dirilis sudah menggantikan model lawas. Contohnya R7 yang dirilis beberapa bulan lalu sebagai pengganti dari R6.

Memang ada yang sempat kecewa karena model R6 sudah diganti dengan yang baru. Nyatanya Yamaha masih menyediakan R6, namun bedanya motor ini tak bisa dipakai di jalanan umum layaknya R6 sebelumnya. Sebab mereka menghadirkan YZF-R6 Race, varian yang hanya dipakai sebagai motor balap atau motor ‘track-only’.

(Yamaha Motor via Kompas Otomotif)

Versi Balap

R6 versi balap ini tampil dengan livery khusus GYTR (Genuine Yamaha Technology Racing). Tak seperti versi street legal-nya, R6 GYTR ini tak dilengkapi dengan spion samping sampai dudukan plat nomor. Walau untuk lampu depan-belakangnya nampak masih dipertahankan, hanya saja dibuat tersembunyi.

R6 GYTR tetap menggendong mesin 600 cc 4 silinder bertenaga 116 hp dan torsi 61,7 Nm, hanya saja dengan peningkatan dari GYTR sendiri. Tentunya ini dilakukan untuk memberikan performa lebih kencang ketimbang versi street legal-nya. Terlebih R6 yang satu ini dirancang sebagai motor balap untuk melaju kencang di lintasan sirkuit.

Model ini bakal dijual dengan harga Rp 262 jutaan dan baru dijual mulai tahun depan. Karena berupa motor track-only, kemungkinan kuat R6 GYTR tersedia dalam jumlah terbatas. Yamaha mungkin takkan mengalami masalah ketika menjualnya di Eropa, sebab statusnya sebagai motor balap.

Leave a Reply