Yamaha Akan Punya Tim Moto2: Dikelola Valentino Rossi?

0

RiderTua.com – Yamaha berencana akan punya akademi sendiri seperti Red Bull KTM Ajo dan Honda Idemitsu Honda Team Asia di Moto2. Lin Jarvis mengatakan hal ini kepada media motorsport yang akan memakai Yamaha Master Camp sebagai ‘sarang’nya.. Sampai saat ini, Yamaha Master Camp merupakan inisiatif yang selalu dikaitkan dengan Valentino Rossi, dengan nama ‘Yamaha VR46 Master Camp’. Bulan lalu edisi kesembilan dari program ini diadakan, namun masih harus dilihat bagaimana aliansi akan tetap berada dibawah sertifikasi VR46 karena saat ini ada simbiosis antara Ducati dengan VR46 di MotoGP hingga 2022, murid-murid akademi seperti Luca Marini dan Bezzecchi condong ke Borgo Panigale, ibarat menjadi salah satu tempat pembibitan tim junior Ducati.. Apakah tim Moto2 Yamaha akan dikelola oleh Valentino Rossi (Manajemen VR46)?.. Karena Yamaha sudah mempersiapkan tim Moto2 nya sendiri melalui Master Camp selama berbulan-bulan ini.. 😮

Yamaha Akan Punya Tim Moto2: Dikelola Valentino Rossi?

Yamaha telah mengerjakan tim di kategori Moto2 selama berbulan-bulan, seperti yang dikonfirmasi oleh Lin Jarvis, direktur Yamaha MotoGP..


Tujuan pabrikan Jepang itu adalah untuk memberikan kesempatan yang lebih besar kepada Master Camp, program pelatihan untuk pembalap muda, dan untuk membuat platform agar pembalap dapat berlatih sebelum melakukan lompatan terakhir ke MotoGP.

Dengan cara ini, Yamaha akan meniru strategi yang telah dipraktikkan KTM dan Honda selama bertahun-tahun. Untuk KTM, melalui tim Aki Ajo, sedangkan Honda terwakili di kategori Moto2 bersama Tim Asia. Tujuan utamanya adalah untuk mengendalikan talenta muda yang muncul dari kelas bawah, yang merupakan sesuatu yang memberikan hasil luar biasa bagi KTM ( Acosta, Remy, Raul, Oliveira,Binder).

Sampai saat ini, Yamaha Master Camp merupakan inisiatif yang selalu dikaitkan dengan Valentino Rossi, dan bahkan nama resmi proyek tersebut adalah “Yamaha VR46 Master Camp”. Di GP San Marino ini, VR46 Academy menempatkan tim wildcrard di Moto3 dari  Bardahl VR46 Riders Academy, dengan Matteo Martelle dan Elia Bartolini sebagai pembalap.

Namun, masih harus dilihat bagaimana aliansi ini akan tetap berlangsung dengan sertifikasi dari akademi VR46 ke MotoGP hingga 2022, karena mereka sedang bekerjasama dengan Ducati. “Ya, itu kemungkinan. Kami ingin hadirkan Master Camp di Moto2”, kata Jarvis, Jumat ini di Misano..

Pertanyaannya adalah: formula apa yang akan digunakan Yamaha untuk balapan di Moto2. yang mungkin adalah salah satunya pembelian salah satu tim yang sudah ada. Fakta bahwa Sepang Racing Team (SRT) telah memutuskan untuk menutup divisi Moto2 dan Moto3 dapat menyebabkan pemikiran tentang akuisisi, Namun Jarvis, menolak.. “SRT bukanlah pilihan,” katanya.

Leave a Reply