Corolla Cross Hadir di Amerika Serikat, Apa Bedanya?

1
(Autofun)

RiderTua.com – Tak terasa sudah setahun lebih sejak Corolla Cross dirilis oleh Toyota ke pasar global. Model ini pertama kali dihadirkan di Thailand sebelum merambah ke negara lain, termasuk Indonesia. Baru saja Toyota menghadirkan Corolla Cross di Amerika Serikat setelah sekian lama. Walau model ini baru bisa diproduksi pada akhir tahun 2021.

Baca juga: Toyota Corolla Cross Modellista, Dijual Terbatas!

Toyota Hadirkan Corolla Cross di AS

Dari penampilannya, Corolla Cross ini tak ada bedanya dengan model yang dijual di negara lain seperti Indonesia. Walau mengusung nama Corolla, tapi model compact CUV (crossover SUV) tersebut berbeda jauh dari model sedannya. Tentu ini yang membuatnya tampil beda dari model SUV lainnya, termasuk Yaris Cross yang berupa ‘versi SUV dari Yaris’.

Jadi apa yang membedakannya dengan Corolla Cross di Indonesia? Ternyata perbedaannya terletak pada mesin serta fitur yang dibawanya. Corolla Cross versi AS akan mengusung sejumlah fitur seperti sound system JBL 9 speaker, Audio Plus dengan Remote Connect, sampai konektivitas all access Sirius XM. Fitur semacam ini mungkin tak bisa ditemukan pada model yang dijual di luar AS.

(Motor1)

Beda Mesin

Kemudian perbedaan lainnya yaitu pada mesin yang digendongnya, dimana Corolla Cross versi AS memakai mesin bensin berkapasitas 2.000 cc. Namun sejauh ini baru ada satu pilihan mesin yang ditawarkan, sementara di Indonesia ada varian bensin dan hybrid. Walau kapasitasnya sedikit lebih kecil, yaitu 1.800 cc.

Mesin tersebut agak identik dengan mesin Corolla Cross yang dijual di Amerika Selatan, walau berkode FKB, bukan FKS. Nantinya model ini akan diproduksi di pabrik produksi patungan Toyota-Mazda di Huntsville, Alabama. Masing-masing merek akan memproduksi hingga 150 ribu unit Corolla Cross tiap tahunnya.

Model ini akan dirilis pada bulan depan, dengan harga mencapai Rp 316,8 juta. Agak terjangkau jika dibandingkan dengan Corolla Cross di Tanah Air, dengan harga varian hybrid-nya mencapai Rp 450 jutaan.

1 COMMENT

Leave a Reply