Categories: MotoGP

Tidak Ada ‘Ban Titipan’: Ban Michelin Dilengkapi dengan Barcode

RiderTua.com – Ban Michelin dikritik habis di Silverstone, dan ketika ada rumor ‘ban titipan’ hal ini jelas dibantah.. Agar ban tidak bisa ditukar di dalam tim, semuanya dilengkapi dengan barcode. Ini berarti tidak ada ban tambahan yang dapat ditambahkan ke pembalap. Pada GP Inggris, pemasok ban asal Prancis Michelin kembali mendapat kritikan tajam. Pembalap seperti Joan Mir, Pecco Bagnaia, Jack Miller, Brad Binder, Valentino Rossi dan Miguel Oliveira kesulitan dengan ban Michelin di Silverstone.

Siapa yang tidak mengeluh jelas mereka yang podium, namun dalam kasus Fabio Quartararo, yang tampaknya melaju paling mudah dengan Yamaha-nya. Sulit untuk membuktikan apakah ini karena pembalap yang hebat atau karena ban. Sebagai pengingat, 3 pembalap Yamaha lainnya hanya finis di posisi 17, 18 dan 19 dalam balapan. Untuk memuaskan 6 pabrikan dan 22 pembalap di semua lintasan tetap menjadi tugas berat Michelin.

Tidak Ada ‘Ban Titipan’: Ban Michelin Dilengkapi dengan Barcode

Brad Binder Keluhkan Ban

Setelah start dari posisi 12 pada hari Sabtu, pembalap Red Bull KTM Brad Binder berbicara tentang ban. “Ban belakang medium saya habis dalam waktu relatif cepat. Sementara saya tidak dapat menemukan grip dengan ban hard. Hal ini tampaknya akan menjadi kendala terus.”

“Sedangkan untuk ban depan, saya nyaman dengan tipe soft. Dengan ban depan tipe medium akan sulit untuk bertahan hingga akhir balapan. Itulah sebabnya kami telah menjadwalkan pembicaraan yang sangat serius dengan orang-orang Michelin. Kemudian kita akan melihat apa yang bisa kita lakukan untuk race hari Minggu.”

Joan Mir dan Oliveira Keluhkan Hal Sama

Rekan setimnya Miguel Oliveira juga mengeluhkan hal yang sama pada hari Jumat. Pembalap asal Portugal itu berkata, “Kami tidak mampu membawa suhu optimal ban.” Pembalap berusia 26 tahun itu bahkan mengalami kerusakan ban seukuran telapak tangan di GP Austria dan dia harus menyerah. Joan Mir (Suzuki) menyelamatkan dirinya di posisi ke-9 di Inggris dengan masalah yang sama.

Masalah Ban Jack Miller dan Pecco

Ketidakpuasan terhadap Michelin di GP Inggris juga sangat jelas dirasakan di Ducati (Jack Miller). Usai sesi kualifikasi pada hari Sabtu, pembalap berusia 26 tahun itu mengatakan, “Tidak memuaskan jika kita tidak dapat melaju lebih cepat dengan ban baru ketimbang ban bekas. Ban baru tidak berfungsi dan itu mengganggu saya. Saya tidak senang, tetapi saya juga tidak dapat menjelaskan mengapa demikian.”

Sementara itu, Pecco Bagnaia yang start dari posisi ke-2 pada hari Minggu harus puas finis di posisi ke-14. Setelah mengalami bencana di balapan ini, pembalap asal Italia itu benar-benar kesal. Karena untuk kedua kalinya dalam tiga balapan (GP Styria setelah restart) dia mengalami masalah besar dengan grip roda belakang. “Saya tidak tahu apa yang terjadi. Kami harus berbicara dengan Michelin dan melihat datanya,” kata Pecco..

Pol Espargaro Tak Cocok dengan Set-up

Pembalap Repsol Honda, Pol Espargaro turun kembali ke posisi ke-5 setelah merebut pole position dalam balapan tersebut. Saat ini, Honda RC213V versi 2022 sama sekali tidak cocok dengan desain ban Michelin dalam set-up balap.

Dalam kasus seperti itu, bos balap Michelin Piero Taramasso memakai contoh positif dari Fabio Quartararo, yang tampaknya melaju dengan mudah dengan pabrikan Yamaha. Sulit untuk membuktikan apakah ini karena pembalap yang hebat atau terutama karena ban. Sebagai pengingat, 3 pembalap Yamaha lainnya hanya finis di posisi 17, 18 dan 19 dalam balapan. Crutchlow kalah 23,3 detik di tempat ke-17, Rossi 29,7 detik dan Dixon 50,8 detik. Rossi juga tidak merahasiakan keheranannya, pada hilangnya grip di awal balapan.

Rafie Satya Pradipta

Leave a Comment

Recent Posts

Pedro Acosta : Saya akan Mengikuti Dani Pedrosa Sepanjang Trek

RiderTua.com - Menjelang balapan MotoGP kandang pertamanya di Jerez, Pedro Acosta mengatakan, "Senang rasanya berada di sini untuk pertama kalinya sebagai…

26 April 2024

Hasil Latihan Bebas 1 MotoGP Spanyol 2024

RiderTua.com, Jerez de la Frontera - Jumat (26/4/2024), Pembalap Gresini Racing, Alex Marquez, membuat catatan waktu terbaik pada Latihan Bebas…

26 April 2024

Hasil Latihan Bebas Moto2 Spanyol 2024

RiderTua.com, Jerez de la Frontera - Jumat, 26 April 2024, Dalam sesi Latihan Bebas Moto2 Alonso Lopez mampu membuktikan menjadi…

26 April 2024

Hasil Latihan Bebas Moto3 Spanyol 2024

RiderTua.com, Jerez de la Frontera - Jumat (26/4/2024), Pembalap CFMoto Aspar Racing, David Alonso menjadi yang tercepat dalam Latihan Bebas…

26 April 2024

Chery Hadirkan Tambahan Fitur Untuk Omoda E5

RiderTua.com - Chery telah sukses dalam menjual Omoda E5 di Indonesia sejak diluncurkan bulan Februari lalu. Mobil SUV listrik ini…

26 April 2024

Jorge Martin : Berhati-hati di Awal Balapan Agar Tidak Muncul Masalah Getaran

RiderTua.com - Pada konferensi pers di Jerez, Jorge Martin menjelaskan bahwa dia masih perlu meningkatkan diri di GP Spanyol. Rider…

26 April 2024