Vinales Baru Pakai Motor Aleix Saja Sudah Kencang!

1

RiderTua.com – Maverick Vinales telah menyelesaikan dua hari tes mengendarai RS-GP untuk pertama kalinya di sirkuit Misano. Dia mengakhiri sesi terakhir dengan lap tercepat 1:32,400… Artinya seberapa cepat? rekor lap balapan Misano 2020 adalah 1:32,319 (oleh Pecco Bagnaia).. Fakta bahwa Vinales memegang rekor pole di Misano adalah bukti bahwa dia memang cepat di trek itu, tetapi mendekati rekor lap balapan setelah hanya dua hari di atas motor baru adalah tanda bahwa dia telah beradaptasi dengan sangat cepat…!.. Aprilia tidak banyak mengubah motor yang dipakai untuk Vinales, dia menggunakan sasis dan pengaturan elektronik yang identik dengan motor Aleix Espargaro. Apalagi jika motor sudah disesuaikan dengan gaya balap Marquez, eh maksudnya Vinales ding… tambah ngacir?.

Vinales Baru Pakai Motor Aleix Saja Sudah Kencang!

Vinales akan mengambil alih tempat Lorenzo Savadori bersama Aleix Espargaro untuk sisa musim MotoGP saat ini. Aprilia secara resmi mengumumkan hal ini pada Rabu sore. Savadori akan terus memainkan wildcard pada tahun 2021, dan dia juga telah dikonfirmasi sebagai tes rider untuk tahun 2022.

Maverick telah memberikan pemberitahuan singkat kepada para penggemarnya melalui jejaring sosial sejak awal minggu. Tetapi pada Selasa sore, dia berhadapan dengan kamera TV untuk pertama kalinya di paddock Misano. Dia mengatakan, “Saya sangat senang dengan kesempatan ini, penting untuk kembali ke balapan sesegera mungkin. Saya senang dengan 2 hari tes ini, tetapi yang penting sekarang adalah tes di balapan.”

Pada debutnya di Aprilia pada hari Selasa kemarin, pemenang GP 25 kali itu mengungkapkan, “Ini seperti hari pertama sekolah, saya bangun jam 5 pagi dan tidak sabar untuk keluar di trek. Saya langsung nyaman dengan motor. Saya menyukai rem mesin (engine brake), yang sangat positif. Di dalam garasi kita bisa merasakan energi yang sangat positif, saya termotivasi untuk Aragon.”

Namun pada saat yang sama, Maverick yang beralih dari mesin in-line ke mesin V4 setelah 6,5 tahun di Suzuki dan Yamaha, juga menekankan, “Saya masih harus banyak berkembang, saya jauh dari mampu untuk memacu sekencang mungkin. Masih terlalu dini untuk membuat perubahan pada set-up, saya butuh lebih banyak lap. Motor dan mesinnya berbeda dan saya masih harus mengerti bagaimana menanganinya.” Tapi Vinales yakin bisa membuat kemajuan besar dalam waktu singkat.

Pembalap asal Spanyol itu mengandalkan rekan senegaranya sekaligus rekan setimnya Aleix Espargaro. “Saya punya hubungan yang sangat baik dengan Aleix, dia seperti saudara dan juga pembalap yang sangat baik. Itu akan menjadi penting untuk petualangan dengan Aprilia. Kami banyak berbicara, kami berteman dan dia selalu berusaha memahami apa yang terjadi dengan saya. Dia membela saya di media dan selalu mendorong saya untuk tidak menyerah dan datang ke Aprilia. Saya tidak tahu apakah pembalap lain akan melakukan hal yang sama,” ujarnya.

“Saya sudah lama tidak bersenang-senang dengan motor, sekarang tujuan saya adalah menemukan kembali gairah dengan tim. Itu tidak akan mudah di Aragon, tetapi saya bergaul dengan baik di Misano, kami berada di jalur yang benar,” pungkas Vinales.

1 COMMENT

Leave a Reply