Segmen LMPV Tetap Dikuasai Oleh Avanza!

1
(Autofun)

RiderTua.com – Boleh dibilang kalau Avanza tetap menjadi penguasa segmen LMPV di Indonesia. Walaupun dalam urusan penjualan mobil sempat terseok-seok, mobil unggulan Toyota ini masih kuat di kelasnya. Penjualan Avanza sepanjang bulan Juli lalu juga lumayan bagus. Meskipun harus mendapat perlawanan sengit dari Xpander dkk.

Baca juga: Toyota Tertarik Bawa GR 86 ke Indonesia?

Penjualan Avanza Bulan Juli 2021 Masih Cukup Bagus

Dari catatan penjualan mobil oleh Gaikindo, semen LMPV mampu menjual hingga 11.319 unit mobil pada bulan Juli 2021. Hasil ini naik tipis dari bulan sebelumnya yang hanya mencapai 10.219 unit saja, hanya selisih 1,1 ribu unit saja. Walau begitu, setidaknya ini lebih dari cukup untuk mencatatkan angka penjualan yang lebih baik dari sebelumnya.

Avanza lagi-lagi menjadi pemimpin penjualan mobil LMPV di Tanah Air dengan hasil 5.938 unit secara wholesales. Sepertinya model ini masih mampu menjual hingga lebih dari 5 ribu unit ditengah kondisi pasar yang belum kondusif. Memang karena penjualan LMPV masih terbantu oleh insentif pajak nol persen yang berlaku hingga akhir bulan Agustus mendatang.

(Toyota Motors Cebu)

Dominasi Semen MPV Murah

Dengan ini Avanza masih dapat mengungguli model sekelasnya, seperti Mitsubishi Xpander yang menjadi lawan beratnya. Mobil LMPV ini harus puas menempati posisi kedua dengan penjualan wholesales sebesar 3.142 unit. Meski selisihnya sangat jauh dari Avanza, setidaknya Xpander masih dapat ‘menempeli’ rival beratnya tersebut.

Selanjutnya ada Honda Mobilio dengan hasil 711 unit terjual, dan selisihnya cukup jauh dari Xpander. Mungkin ini menjadi pemandangan tak biasa, dimana Mobilio menempati posisi tiga besar, sebab model ini selalu berada di peringkat terendah. Disusul model lainnya seperti Wuling Confero sebanyak 590 unit, Daihatsu Xenia 403 unit, Suzuki Ertiga 294 unit, dan Nissan Livina 241 unit.

Rata-rata semua penjualan mobil LMPV berada di atas 200 unit, dan itu sudah cukup bagus. Terlebih bagi Confero yang menempati posisi lima besar, karena sebelumnya MPV ini berada di posisi paling rendah, layaknya Mobilio. Entah mengapa Livina selalu menempati posisi paling bawah, jika dibandingkan dengan kembarannya, Xpander.

1 COMMENT

Leave a Reply