Categories: MotoGP

Jika GP Sepang Batal, Misano Penggantinya?

RiderTua.com – Jika GP Sepang batal, apakah GP Misano akan menjadi penggantinya?… Tahun ini hanya dua event MotoGP yang berlangsung di luar Eropa yakni di Sirkuit Losail-Qatar. Banyak balapan luar Eropa lain yang telah dibatalkan, seperti Termas de Río Hondo, Phillip Island, Motegi, BuriRam, ditambah GP Brno di Republik Ceko dan KymiRing di Finlandia. Dan Sirkuit Jalan Mandalika di Lombok-Indonesia yang dianggap sebagai tempat cadangan. Karena GP Malaysia belum bisa dipastikan, para manajer Dorna merencanakan balapan MotoGP kedua di Misano pada bulan Oktober.

Jika GP Sepang Batal, Apakah Misano Penggantinya?

Tim krisis yang dicoba dan diuji Dorna harus bekerja tanpa henti untuk menghadapi situasi dan kondisi saat ini yang sedang berkembang. Itulah sebabnya GP Qatar kedua dimasukkan dalam kalender pada 4 April yang lalu. GP Portimao pertama digelar pada 18 April, lalu balapan yang kedua pada 7 November mendatang.

Sementara itu, hanya GP Texas pada 3 Oktober dan Sepang pada 24 Oktober yang mengikuti program GP luar Eropa. Namun, saat ini masih menjadi tanda tanya di kedua event tersebut. Amerika Serikat hanya mengizinkan perjalanan bisnis dari Eropa dalam kasus luar biasa. Jika pekerjaan tersebut dapat dilakukan oleh orang Amerika di lokasi, maka tidak ada visa kerja yang akan dikeluarkan.

Ini juga berlaku untuk beberapa anggota ‘Dorna buble’ seperti jurnalis, fotografer, dan juru kamera. Pihak berwenang Amerika hanya mengijinkan fotografer asal Amerika yang dapat mengabadikan moment di lintasan balap COTA di Austin.

Selain itu, selama bertahun-tahun, wartawan media individu bisa bepergian ke Amerika sebagai turis. Ini menyelamatkan mereka dari masalah visa kerja yang sering membosankan.

Tetapi jika kita tidak ingin menipu pihak berwenang Amerika Serikat tentang tujuan sebenarnya dari perjalanan kita, kita harus mendapatkan izin luar biasa dari kedutaan AS seperti yang berlaku hari ini. “Hanya beberapa orang saja,” kata pejabat Dorna. Oleh karena itu, saat ini GP Texas tidak dianggap terancam batal.

Ada kesulitan lain untuk GP Malaysia di Sepang. 100 persen hanya orang yang telah disuntik dua kali yang diizinkan masuk ke negara itu. Dorna masih melakukan negosiasi dengan Kementerian Kesehatan dan Olahraga di Kuala Lumpur. Karena sejauh ini, konsep yang sama ketatnya seperti di Qatar pada tahun 2021 juga diberlakukan dan harus menjalani ‘kurungan’ 10 hari saat masuk. ‘Mengurung diri’ yang ketat di hotel yang ditunjuk oleh pihak berwenang, sama sekali bukan pilihan untuk gelaran GP.

Menteri Olahraga Malaysia Reezal Merican Naina Merican (menjabat sejak Maret 2020) baru kembali dari Olimpiade Tokyo awal pekan ini. Itu sebabnya Dorna baru bisa memulai negosiasi baru dalam beberapa hari ke depan.

“Pada GP Silverstone pada 29 Agustus, akan jelas apakah kami akan menggelar GP Malaysia tahun ini atau tidak. Jika Sepang batal, kami akan mengadakan Grand Prix lagi di Eropa,” lapor seorang pejabat Dorna dalam sebuah wawancara. Dan sirkuit Dunia Misano saat ini adalah satu-satunya tempat yang memungkinkan.

Namun, tidak ada balapan ganda seperti di Qatar atau Spielberg yang direncanakan untuk dua balapan berturut-turut. Sebaliknya, GP San Marino akan diadakan pada 19 September, kemudian balapan akan pindah ke Texas pada 3 Oktober. Dan pada 24 Oktober, GP Emilia Romagna akan diadakan di Misano bukan di Malaysia, pada tanggal yang sama dengan GP Sepang yang direncanakan sebelumnya.

“Kami pasti akan menjadi tuan rumah Grand Prix ke-18 tahun ini,” kata CEO Dirna Carmelo Ezpeleta.

Tim harus meninggalkan truk balap dan kendaraan hotel di paddock Misano, dan mengemas kontainer angkutan udara ke Texas. Barang-barang tersebut kemudian akan dikirim langsung kembali dari Austin ke Italia.

Rafie Satya Pradipta

Leave a Comment

Recent Posts

Suzuki Pastikan Jimny 3-Door di Indonesia Aman Dari Recall

RiderTua.com - Suzuki sempat melakukan penarikan terhadap Jimny 3-door di Australia beberapa bulan lalu. Belum lagi dengan adanya recall dua…

19 April 2024

Tesla Tunda Pengiriman Cybertruck Akibat Pedal Gas Bermasalah

RiderTua.com - Tesla menjadi salah satu merek mobil listrik yang cukup dikenal di seluruh dunia. Meski demikian, mereka juga dikenal…

19 April 2024

Chery dan Jaguar-Land Rover Bakal Kembangkan Mobil Listrik?

RiderTua.com - Chery telah menghadirkan sejumlah mobil listriknya di pasar global, termasuk Omoda E5. Meski demikian, mereka terbuka bagi merek…

19 April 2024

Alex Rins Berharap Banyak Pada Tes yang Dilakukan Cal Crutchlow di Barcelona

RiderTua.com - Setelah gagal menggelar tes di Portimao karena cuaca buruk dan kemudian COTA menjadi akhir pekan yang menyedihkan bagi…

19 April 2024

Suzuki Telah Mengirim 400 Unit Jimny 5-Door ke Konsumen Indonesia

RiderTua.com - Suzuki masih berusaha untuk memenuhi tingginya permintaan Jimny 5-door di Indonesia. Walau dengan antisipasi sebelumnya, mereka mendapat penumpukan…

19 April 2024

Toyota Fortuner Kini Hadirkan Varian Hybrid!

RiderTua.com - Toyota Fortuner masih menjadi andalannya di segmen SUV ladder frame di Indonesia sampai sekarang. Hanya saja model ini…

19 April 2024