Categories: MotoGP

Ini Pesan Valentino Rossi untuk Seluruh Penggemarnya

RiderTua.com – Tentang karirnya, Valentino Rossi mengatakan itu murni sebuah kesenangan… Ketika seorang atlet olahraga internasional apalagi legenda, mengumumkan pengunduran dirinya, tentu saja semua sorotan kamera tertuju padanya. Ada lebih dari 10 tim kamera TV bersiap di belakang pit Petronas-SRT-Yamaha kemarin, menunggu saat-saat Valentino Rossi melangkah keluar sekitar pukul 16.10 (waktu setempat). Rider asal Italia itu tampak menuruni beberapa anak tangga, kemudian berjalan ke dalam terowongan di bawah lintasan balap di mana semua orang telah menunggunya. Di sana Rossi menuju ruangan, di mana beberapa jurnalis yang dipilih sudah menunggu juara dunia 9 kali itu. Rossi didampingi CEO Dorna Carmelo Ezpeleta dan sahabat terdekatnya Uccio, supervisor Max dan tangan kanan Valentino di VR46, Alberto Tebaldi. Valentino Rossi tentu saja akan senang untuk melanjutkan karir balapnya di tim Ducati miliknya sendiri. Tapi dia tidak punya gambaran. “Pada akhirnya, hasillah yang membuat perbedaan dalam olahraga,” kata pembalap berusia 42 tahun itu. Apa yang ingin Rossi sampaikan kepada penggemarnya yang tak terhitung jumlahnya di seluruh dunia?

Ini Pesan Valentino Rossi untuk Seluruh Penggemarnya

Di sterreichring-Spielberg pada tahun 1996, Valentino Rossi meraih podium GP pertamanya dengan Aprilia 125. Mungkin itulah salah satu alasan mengapa dia mengumumkan pengunduran dirinya disini. Rossi berbicara tentang alasan pensiunnya di akhir musim dan apa rencananya kedepan.

Saat Rossi ditanya, seberapa sulitkah dia mengambil keputusan itu? Dan apa yang paling dirindukan ketika tidak lagi menjadi pembalap di paddock di tahun 2022?
Sambil tersenyum, dia menjawab, “Saya memiliki karir yang sangat panjang, saya telah membalap total selama sekitar 30 tahun. Saya telah memenangkan banyak balapan. Saya memiliki beberapa momen yang tak terlupakan dalam karir saya, itu sangat menyenangkan.”

“Setelah merayakan beberapa keberhasilan, saya selalu tertawa dan tersenyum selama seminggu. Setelah 10 tahun saya masih senang dan hampir lupa tentang kemenangan terakhir. Lalu saya berpikir, ‘Mengapa saya terus tersenyum?’ Lalu aku bisa ingat kemenangan terakhir.”

“Tentu, keputusan itu tidak mudah bagi saya. Tapi tidak ada yang perlu disinggung. Pada akhirnya, hasil membuat semua perbedaan dalam olahraga. Jadi saya pikir saya membuat keputusan yang tepat. Tentu, saya memiliki kesempatan untuk membalap di tim MotoGP milik saya dengan adik saya pada tahun 2022. Saya pasti akan menyukainya.”

“Tapi saya pikir situasinya baik-baik saja seperti yang saya putuskan sekarang. Saya juga masih punya setengah musim di depan saya. Jumlah race tidak sepenuhnya jelas 8, 9 atau 10. Saat ini saya dapat berbicara dengan tenang tentang pengunduran diri saya. Tapi saat balapan terakhir sudah dekat di bulan November, mungkin akan terlihat berbeda. Pokoknya, saya berdamai dengan diri sendiri. Saya tidak bisa mengeluh tentang karir saya.”

Untuk Semua Penggemarnya?

Apa yang ingin Rossi sampaikan kepada penggemarnya yang tak terhitung jumlahnya di seluruh dunia?
“Pertama, saya ingin meyakinkan penggemar saya bahwa saya selalu melakukan yang terbaik untuk waktu yang sangat lama. Selama lebih dari 25 tahun. Saya selalu mencoba yang terbaik untuk tetap di atas. Saya telah melakukan perjalanan panjang bersama para penggemar. Banyak penggemar dan orang belum lahir, tapi saya sudah berada di trek GP,” ungkap Valentino Rossi.

“Itu adalah waktu yang tepat dan fantastis untuk menjadi bagian dari Kejuaraan Dunia MotoGP hingga saat itu. Saya menikmati dukungan luar biasa dari fans saya setiap saat. Kadang-kadang bahkan sulit bagi saya untuk memahami mengapa saya memiliki begitu banyak penggemar setia di belakang saya. Oleh karena itu saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua penggemar untuk pengikut setia saya.”

Kapan tepatnya Rossi membuat keputusan akhir? Dan apa yang akan dia lakukan di tahun 2022?
“Pada awal musim, saya berkata saya akan memutuskan selama liburan musim panas. Tapi tentu saja sesuatu menjadi jelas selama paruh pertama musim. Tapi saya akhirnya membuat keputusan itu selama liburan musim panas. Setelah awal musim, saya ingin melihat apakah saya bisa terus kompetitif. Tetapi jelas bahwa hasilnya lebih buruk dari yang diperkirakan,” jawab kakak Luca Marini itu.

Apa rencana Rossi berikutnya?
“Saya ingin ikut balapan mobil pada tahun 2022, tetapi kompetisinya jauh lebih sedikit ketimbang balap motor. Saya hanya seorang pembalap, saya butuh kompetisi. Tidak ada yang akan berubah sepanjang hidupku. Saya hanya beralih dari balap motor ke mobil. Saya tidak akan berada di level yang sama di atas roda empat seperti saya di atas motor. Saya belum bisa mengatakan dengan tim mana, seri apa dan dengan siapa saya akan bertanding di balapan mobil 2022. Kami masih negosiasi,” pungkas putra Stefania itu.

Rafie Satya Pradipta

Leave a Comment

Recent Posts

Toyota Dkk Siap Ramaikan Pameran GIIAS 2024!

RiderTua.com - Toyota dan sejumlah merek otomotif di Indonesia menghadirkan sejumlah produk terbaiknya kepada konsumennya. Dari tahun ke tahun, makin…

8 Mei 2024

Toyota Naikkan Harga Sejumlah Mobilnya di Indonesia

RiderTua.com - Toyota baru saja mengumumkan kenaikan harga mobilnya di Indonesia. Mungkin ada yang menganggap hanya beberapa model saja yang…

8 Mei 2024

Great Wall Motor Masih Mempersiapkan Produksi Mobilnya di Indonesia

RiderTua.com - Penjualan Great Wall Motor di Indonesia memang baru dimulai, dengan model dari Haval dan Tank yang dihadirkan terlebih…

8 Mei 2024

GWM Tank 500 Sudah Terjual Puluhan Unit?

RiderTua.com - GWM Tank 500 menjadi satu dari beberapa mobil terbaru yang dihadirkan oleh Great Wall Motor di Indonesia melalui…

8 Mei 2024

Fabio Quartararo : Ngobrol 3 Jam Bersama Mantan Teknisi Ducati, Bikin Saya Yakin dengan Proyek Yamaha

RiderTua.com - Fabio Quartararo dengan terang-terangan mengakui bahwa meski memiliki kontrak untuk musim ini di akhir 2023 lalu, dia sama…

8 Mei 2024

Neta V Tidak Jadi Dihentikan Penjualannya?

RiderTua.com - Neta sempat mempertimbangkan untuk menghentikan penjualan model V. Jelas dengan dirilisnya V-II yang merupakan model facelift, model lamanya…

8 Mei 2024