Pabrik Mobil Honda di Inggris Ditutup Hari Ini

1
(Honda Indonesia/Twitter)

RiderTua.com – Setelah sempat dinanti sekian lama, Honda akan menutup pabrik mobilnya di Swindon, Inggris, pada hari ini. Pabrik tersebut sudah berdiri selama 36 tahun lamanya dan telah memproduksi tiga model mobil. Honda menyebut akan segera menutup pabrik mobil di Inggris serta di Turki pada tahun ini. Merek otomotif tersebut melakukan ini untuk lebih fokus pada elektrifikasi mobilnya.

Baca juga: Ini Hasil Penjualan Mobil Honda Pada Semester 1 2021

Honda akan Menutup Pabrik Mobil di Inggris dan Turki

Sebenarnya dulu Honda memiliki banyak pabrik produksi, tapi kini perlahan jumlahnya terus berkurang. Memang mereka tak punya banyak pilihan selain harus mengurangi pabriknya yang ada di sejumlah kawasan. Entah dengan alasan beralih ke produksi mobil lingkungan atau karena pasar tujuannya kurang memuaskan lagi.

Pabrik mobil Honda yang ada di Swindon merupakan satu-satunya pabrik Honda di kawasan Uni Eropa. Fasilitas ini memiliki kapasitas produksi hingga 150 ribu unit per tahunnya, walau hanya memproduksi tiga model saja. Ketiganya yaitu CR-V, Civic dan versi sport-nya, Civic Type R.

(Auto Express)

Nasib Civic Type R

Civic Type R sendiri dirakit di pabrik tersebut, termasuk mengirim unit ke seluruh dunia, termasuk Indonesia. Tapi jika pabriknya sudah ditutup, maka model ini tak punya tempat produksinya lagi. Padahal masih banyak yang menginginkan model tersebut, terlebih disebutkan sudah ada model terbarunya.

Kemungkinan kuat Honda akan memindahkan produksi ketiga model tersebut ke pabrik lain, tapi sepertinya semuanya akan dipindah ke Jepang. Khusus Civic Type R masih belum jelas, walau ada dua lokasi yang bisa dijadikan basis produksi terbarunya, yaitu di Amerika Serikat dan Jepang. Meskipun itu masih meninggalkan tanda tanya hingga kini.

Sebenarnya peluncuran New Civic Type R masih terbilang lama, meskipun sosoknya sudah terlihat lewat spyshot. Terlepas dari itu, Honda harus menutup pabriknya di dua negara tersebut demi bisa fokus ke elektrifikasi mobil secara besar-besaran.

1 COMMENT

Leave a Reply