Mengenal Kartu Perawatan Berkala dan Garansi Motor Honda

1

RiderTua.com – Tiap pembelian sepeda motor Honda, konsumen akan mendapatkan buku Perawatan Berkala (KPB) dan Garansi Motor. Namun terkadang konsumen tidak mengetahui manfaat dan kegunaan dari KPB tersebut. Bahkan banyak konsumen belum paham tentang servis gratis yang diberikan untuk setiap pembelian motor Honda. Padahal banyak yang bisa didapat dari KPB ini.

Baca juga: Ini Bedanya Honda Beat Versi Indonesia dan Malaysia

Manfaat KPB Motor Honda Bagi Konsumen

Kartu Perawatan Berkala atau KPB adalah kartu service berkala sepeda motor Honda yang digunakan untuk melakukan perawatan motornya. Jika ingin mendapatkan servis gratis, konsumen wajib membawa KPB. Namun ada perbedaan aturan penggunaan KPB antara motor tipe matik, Cub dan sport.

Untuk KPB tipe matik dan cub, ada empat KPB gratis yang diterima konsumen untuk digunakan pada waktu servis ke AHASS. Dalam masing-masing KPB disertakan ketentuan jadwal service selama masa garansi. KPB dapat digunakan dengan periode kilometer atau periode bulan pembelian sampai dengan 1 tahun.

Untuk KPB 1, diberikan gratis jasa servis dan oli gratis dengan ketentuan maksimal 1.000 kilometer atau bulan ke-2 dari tanggal pembelian. Sedangkan untuk KPB 2, 3, dan 4, konsumen mendapatkan gratis jasa servis. Dengan catatan KPB 2 maksimal 4.000 km atau bulan ke-4 dari tanggal pembelian, KPB 3 8.000 km atau bulan ke-8, dan KPB 4 12.000 km atau bulan ke-12.

Garansi Motor

Untuk KPB untuk motor sport, ada 3 KPB gratis yang diterima konsumen. KPB 1 hampir sama dengan tipe matik dan cub, yaitu 1.000 km atau 2 bulan sejak tanggal pembelian. Namun KPB 2 dan 3 berbeda, masing-masing mendapat gratis servis yang berlaku tiap 6.000 km atau bulan ke enam dan 12.000 km atau bulan ke-12.

Sementara kartu garansi motor memiliki masa berlaku selama 5 tahun dengan dibagi menjadi 3 periode. Yaitu garansi frame atau elektrik dengan masa berlaku 1 tahun atau 10.000 km, garansi mesin dengan masa berlaku 3 tahun atau 30.000 km dan sistem injeksi yang berlaku 5 tahun atau 50.000 km. KPB dapat digunakan di semua AHASS di Jawa Timur maupun di Indonesia. Setelah 1 tahun berjalan, selanjutnya konsumen dikenakan biaya seperti service regular.

M. Bondan Priyoadi selaku Technical Service Division Head MPM Honda Jatim mengatakn bahwa sebaiknya konsumen memanfaatkan KPB ini agar perawatan motor Honda tetap terjaga. Dengan melakukan perawatan rutin di AHASS, konsumen juga dapat menjaga garansi motor agar tidak hangus.

1 COMMENT

Leave a Reply