Ini Bedanya Honda Beat Versi Indonesia dan Malaysia

1
(Astra Honda Motor)

RiderTua.com – Tentu banyak orang yang sudah tak asing lagi dengan skutik 125 cc Honda Beat. Ternyata motor ini tak hanya dijual di Indonesia saja, tetapi juga sampai ke negara tetangga, seperti Malaysia. Meski nampak sama saja, tapi Beat yang dijual di Indonesia dengan Malaysia ternyata memiliki perbedaan. Terutama untuk versi sporty-nya, Beat Street.

Baca juga: Honda CB190TR 2021, Makin Keren dan Bergaya!

Beat di Indonesia dan Malaysia Memiliki Perbedaan

Nampaknya kepopuleran Beat juga sampai merambah ke negara lain seperti Malaysia. Tentu siapa yang tak menginginkan skutik bermesin 125 cc dengan harga terjangkau seperti Beat. Walau belum jelas berapa unit yang terjual di luar negeri, apakah sama larisnya dengan di Indonesia atau tidak.

Namun ternyata meski sama-sama Beat, tapi masing-masing negara memiliki ciri khasnya masing-masing. Seperti varian Beat Street, yang ternyata memiliki perbedaan yang begitu kontras di dua negara, yaitu Indonesia dan Malaysia. Seperti model setangnya, dimana Beat Street versi Indonesia berupa model ‘naked’, sedangkan versi Malaysia nampak seperti Beat varian standar.

Beat Street versi Indonesia (Astra Honda Motor)
Beat Street versi Malaysia (Sien Boon Honda via Kompas Otomotif)

Laris Manis

Kemudian desain grafisnya juga berbeda, dimana tulisan Street pada model di Negeri Jiran diperbesar, begitupun nama Beat. Di Tanah Air, tulisan Street nampak diperkecil, hanya saja dengan gaya tulisan ‘ala anak muda zaman now’ yang stylish. Jika desain grafis Beat Street di Malaysia lebih simpel, di Indonesia menampakkan detail yang begitu sporty.

Lampu seing di belakang motor dibuat terpisah dari lampu stop pada Beat Street di Malaysia, mirip dengan motor sport Honda CBR Series. Bagian spatbor belakang disematkan reflektor bulat berwarna kuning, dan ini bertujuan agar motor bisa terlihat jelas oleh pengguna jalan lain saat malam hari. Fitur semacam ini tak bisa ditemukan pada Beat Street versi Indonesia.

Walau begitu, fitur hingga mesin 125 cc yang digendongnya masih sama saja, tak banyak perbedaan. Sepertinya Honda menyesuaikan tampilan Beat di dua negara agar sesuai dengan tujuan pasar. Tapi tetap saja, Beat laris manis dimanapun skutik ini berada.

1 COMMENT

Leave a Reply