All New Avanza Bakal Dirilis Tahun Depan?

1
(Toyota Motors Cebu)

RiderTua.com – Meski sudah mendapat facelift, tapi model Avanza saat ini masih dirasa kurang oke. Karena sudah waktunya bagi mobil LMPV tersebut untuk berganti generasi, muncullah berbagai rumor seputar Avanza. Salah satu rumor menyebut kalau Toyota akan meluncurkan All New Avanza mulai tahun depan. Model terbarunya ini kemungkinan akan membawa mesin serta fitur terbaru yang lebih baik dari modelnya sekarang.

Baca juga: Toyota Siap Rilis Fortuner Versi GR Sport?

Toyota Luncurkan All New Avanza Tahun Depan?

Sebenarnya Avanza yang dijual saat ini masih berupa model generasi keduanya, dan baru dua kali mendapat facelift. Karena pertama kali dijual pada tahun 2011 silam, artinya sudah 10 tahun model ini dijual di pasar. Padahal ini tandanya Avanza (termasuk kembarannya, Xenia) sudah waktunya untuk berganti ke generasi terbarunya.

Banyak orang yang penasaran seperti apa penampilan Avanza generasi baru nantinya. Meski sejauh ini Toyota tak mau berkomentar apapun soal itu, terlebih mengenai rumor All New Avanza yang semakin ramai dibicarakan. Namun tetap saja berbagai spekulasi terus bermunculan, termasuk mengenai mesin dan fiturnya.

(Instagram/Bagas Satria Akbar via DetikOto)

Lebih Modern

Menurut rumor yang beredar, All New Avanza akan memakai platform DNGA (Daihatsu New Global Architecture). Sehingga dengan platform baru ini, kemungkinan kuat Avanza pada akhirnya akan memakai penggerak roda depan atau FWD layaknya LMPV lainnya di Indonesia. Lalu mesin 1.500 cc dual VVT-i naturally-aspirated n/a kemungkinan akan dipakaikan untuk model anyar tersebut.

Sementara untuk fiturnya, All New Avanza disebut akan membawa sejumlah fitur canggih dan lebih modern. Dari adaptive cruise control, lane keep assist, autonomous emergency braking, sampai enam airbag. Tentu dengan fitur semacam ini membuat Avanza bisa bersaing dengan model sekelasnya yang mungkin tak memiliki salah satu fitur tersebut.

Baik Toyota maupun Daihatsu memang tak berkomentar soal All New Avanza-Xenia. Tapi jika benar mereka diam-diam menggarap generasi terbarunya, itu saja sudah cukup bagus. Karena pada akhirnya Avanza bisa mendapat perombakan setelah 10 tahun lamanya.

1 COMMENT

Leave a Reply