Categories: MotoGP

Fix! Morbidelli Gantikan Vinales di Tim Resmi

RiderTua.com – Fix! Franco Morbidelli akan menggantikan Vinales di tim resmi Yamaha… Akhirnya pihak Yamaha dan Petronas menyepakati bahwa, Franco Morbidelli akan mengambil alih kursi yang ditinggalkan Maverick Vinales di tim pabrikan Yamaha pada 2022. Pada akhir pekan di GP Belanda, beberapa kali pertemuan dengan Tim Yamaha Petronas SRT dilakukan di kantor Yamaha Motor Racing. Karena sudah jelas bahwa Vinales akan meninggalkan Yamaha setelah musim ini yakni 1 tahun lebih cepat sebelum akhir kontraknya. Jadi tim Monster Energy Yamaha membutuhkan rekan setim baru ‘yang menjanjikan’ untuk pemimpin kejuaraan dunia Fabio Quartararo. Sosok ini dengan cepat ditemukan dalam diri Franco Morbidelli. Siapa yang menggantikan Franky di Petronas dan apakah Rossi masih akan tetap di Yamaha tahun depan?.. Sepertinya Valentino juga akan menjadi solusi menarik bagi Petronas pada 2022.

Fix! Franco Morbidelli akan Menggantikan Vinales Pada 2022 di Tim Resmi Yamaha

Franco Morbidelli terikat kontrak dengan Petronas-Yamaha untuk 2022. Tetapi setelah beberapa pertemuan puncak antara manajer Petronas Yamaha Razlan Razali, Wilco Zeelenberg dan Johan Stigefelt dengan manajer proyek MotoGP Yamaha Takahiro Sumi, direktur pelaksana Yamaha Motor Racing Lin Jarvis dan direktur tim Massimo ‘Maio’ Meregalli, kesepakatan tertulis tercapai. Morbidelli, pemenang GP tiga kali dan runner-up juara dunia pada tahun 2020, akan beralih ke Tim Pabrikan pada tahun 2022.

Garrett Gerloff

Morbidelli kehilangan gelar dunia pada 2020 dengan hanya terpaut 13 poin dari pembalap Suzuki Joan Mir, setelah musim yang hebat dengan 5 podium dalam 14 balapan. Tapi dia drop out di Jerez di posisi ke-2 karena kerusakan mesin, di Spielberg Zarco menariknya keluar dari balapan dengan manuver hara-kiri di tikungan 2.

Namun kini Petronas-Yamaha sedang mencari pembalap. Manajer dan mantan juara dunia Supersport Kenan Sofuoglu meyakinkan dalam sebuah wawancara bahwa anak didiknya Toprak Razgatlioglu pasti akan terus mengikuti Kejuaraan Dunia Superbike pada 2022 dan 2023. Toprak saat ini berada di urutan ke-2 di Kejuaraan Dunia, hanya 20 poin di belakang pemimpin Johnny Rea.

Tapi mungkin Yamaha harus membimbing pembalap berusia 24 tahun yang sangat berbakat itu jika naik di kelas utama,untuk mengimbangi Petronas karena melepaskan Morbidelli.

Namun, kompromi juga dapat ditemukan. Dan alih-alih Toprak, Garrett Gerloff akan bersaing di MotoGP untuk Petronas-Yamaha SRT. Dia menggantikan Morbidelli yang dioperasi di Assen dan finis di tempat ke-17.

“Garrett mengesankan banyak orang,” kata Bos Tim Petronas Razlan Razali. Pria asal Malaysia itu pun memberi nasihat untuk peringkat tempat ke-6 di Kejuaraan Dunia SBK, “Jangan menyerah impian Anda untuk kembali ke MotoGP!”

Dan kemudian orang Malaysia itu menambahkan dengan meyakinkan, “Saya yakin kita akan segera bertemu lagi.”

Gagasan mengesampingkan Jake Dixon sebagai pembalap nomor 2 Petronas mungkin tidak masuk akal. Pembalap asal Inggris itu hanya berada di urutan ke-21 di Kejuaraan Dunia Moto2 dan berutang banyak tahun ini.

Diam-diam, Yamaha dan Petronas berharap Valentino Rossi akan menemukan jalan keluar dari posisi terendahnya di paruh kedua musim ini. Mungkin di Austria, karena dalam empat balapan terakhir di Spielberg, tiga kali dia adalah pembalap terbaik Yamaha. Juara dunia 9 kali itu juga akan menjadi solusi menarik bagi Petronas pada 2022.

Bagaimanapun, bagi pemenang tiga kali Kejuaraan Dunia Supersport Domi Aegerter, pintu menuju Kejuaraan Dunia Superbike 2022 dengan Yamaha terbuka lebar. Karena Razgatlioglu atau Gerloff bisa menghilang ke Kejuaraan Dunia MotoGP.

Kedatangan Franco Morbidelli diharapkan berarti kembalinya Ramon Forcada ke tim pabrikan Yamaha, setelah Vinales menolaknya untuk 2019 setelah 2 tahun pertama. Forcada telah memenangkan tiga gelar dunia bersama Jorge Lorenzo di Yamaha. Ini adalah musim ketiganya bersama Petronas untuk Morbidelli.

Rafie Satya Pradipta

Leave a Comment

Recent Posts

Jack Miller Mengakui Sulit Melawan Acosta, Kaget dengan Gaya Balapnya dan Ingin Belajar dari Rookie MotoGP Itu?

RiderTua.com - Jack Miller mengakui bahwa tidak ada peluang melawan Acosta, pembalap Australia itu terkesan dengan rookie GasGas di Portimao..…

29 Maret 2024

Hyundai Dapat Mengekspor Ioniq 5 N Rakitan Lokal?

RiderTua.com - Dengan Hyundai yang telah meluncurkan Ioniq 5 N di Korea Selatan, model ini akan dihadirkan di negara lainnya.…

29 Maret 2024

Kia EV9 Raih Gelar World Car of the Year Tahun 2024

RiderTua.com - Produk dari Kia sudah tidak bisa diragukan lagi soal kualitasnya. Terlebih dengan model BEV yang dijualnya sejauh ini,…

29 Maret 2024

Hyundai Ioniq 5 Mendapatkan Varian N Lebih Dulu Dari Ioniq 6

RiderTua.com - Hyundai telah meluncurkan Ioniq 5 N sebagai mobil listrik berperforma tinggi pertama dari divisi mobil sport N. Model…

29 Maret 2024

Hyundai Belum Memutuskan Harga Kona EV Terbaru

RiderTua.com - Hyundai Kona Electric generasi terbaru telah dihadirkan di Indonesia, hanya saja harga jualnya tidak ikut diumumkan. Meski mereka…

29 Maret 2024

Honda akan Merilis Lebih Banyak Mobil HEV?

RiderTua.com - Honda baru memiliki dua mobil hybrid yang dijual di Indonesia, yaitu CR-V dan Accord e:HEV. Meskipun dijual dengan…

29 Maret 2024