Gran Max, ‘Turunan’ Hijet yang Masih Bertahan Hingga Kini

1
(Liputan6.com)

RiderTua.com – Walau sudah mengandalkan model SUV dan MPV, tapi Daihatsu masih mengandalkan mobil niaganya, yaitu Gran Max. Meski kelihatannya baru di pasar, nyatanya model ini sudah hadir sejak tahun 1971 silam. Bisa dikatakan kalau Gran Max sebenarnya sudah lama hadir di Indonesia sebagai salah satu turunannya Hijet yang bertahan hingga kini. Walau modelnya nampak biasa-biasa saja, tapi Gran Max tetap jadi salah satu mobil niaga favorit konsumen Tanah Air.

Baca juga: Daihatsu Mau Tambah Mobil Baru Lagi?

Gran Max Sudah Lama Hadir di Indonesia

Sebenarnya Gran Max adalah salah satu turunan dari Hijet, lini mobil niaga Daihatsu yang masih dijual sampai sekarang. Memang bukan Hijet yang ada di Jepang, melainkan Hijet di masa lampau sekitar tahun 1970-an. Pada saat itu, model ini dikenal dengan sebutan sebagai Hijet Tuyul, karena desainnya yang mungil, dan masih diimpor dalam bentuk CBU.

Hijet akhirnya berubah menjadi Daihatsu Zebra pada generasi ke-7 di tahun 1986 dan dijual lewat Astrea, karoseri resminya. Model inilah yang membuatnya makin dikenal di Indonesia, sebab hadir dalam varian minibus dan pikap. Lalu pada tahun 1995, dihadirkan model ‘kembarannya’ yang dikenal sebagai Espass.

(Bus-Truck.id)

Dari Hijet Sampai Espass

Percaya atau tidak, sebelum Gran Max, ternyata Zebra punya model kembar di luar negeri, yaitu Wuling LZW6370. Ini membuktikan kalau ternyata Daihatsu pernah menjalin kerja sama dengan Wuling di masa lalu lewat model Zebra pick-up. Walau itu terjadi jauh sebelum Wuling hadir di Indonesia, dan saat ini model niaga yang dimilikinya hanyalah MPV Formo.

Sayangnya meski sudah bertahan selama lebih dari 10 tahun, Zebra dan Espass harus disuntik mati karena penjualannya terus menurun. Sebagai gantinya, Daihatsu menghadirkan Gran Max yang masih dijual sampai sekarang. Masih menghadirkan pilihan pikap dan minibus, model ini punya kembaran di Jepang, yaitu Toyota TownAce dan Mazda Bongo.

Astra Daihatsu Motor (ADM) pernah menghadirkan Hijet di Tanah Air dalam model Hi-Max pada 2016 lalu. Tak seperti Gran Max, Hi-Max adalah nama lain dari Hijet di Jepang. Sayang sekali mobil ini sudah tak dijual lagi karena tak selaris saudaranya.

1 COMMENT

Leave a Reply