Segmen Hatchback Terus Berkembang, City Hatchback Ungguli Yaris

1
CR-V Facelift dan City Hatchback
(Autofun)

RiderTua.com – Disaat segmen mobil lainnya mengalami penurunan penjualan pada Mei lalu, tidak dengan hatchback. Malah tercatat ada kenaikan penjualan yang didapat oleh sejumlah model yang dijual di Indonesia. City Hatchback mendominasi segmen hatchback dengan 805 unit terjual. Mobil baru Honda ini juga mampu mengungguli rival beratnya, Yaris.

Baca juga: Honda Odyssey Masih Dijual di Indonesia, Tapi…

City Hatchback Mendominasi Segmen Hatchback

Entah mengapa segmen mobil dan sepeda motor di Indonesia mengalami penurunan penjualan yang cukup drastis hingga 30,5 persen. Seharusnya dengan adanya insentif khusus mobil, penjualan masih bisa dilakukan seperti bulan Maret dan April. Nyatanya dengan adanya libur Lebaran dan kondisi yang belum pulih sepenuhnya menjadi penyebab dari penurunan penjualan tersebut.

Tapi keadaan sebaliknya terjadi di segmen hatchback, dimana tercatat ada kenaikan penjualan hingga 2,1 persen. Walau kenaikannya cukup kecil, setidaknya segmen ini tak mengalami penurunan secara drastis seperti segmen lainnya. Jika bulan April lalu mampu menjual 1.514 unit, di bulan Mei naik sedikit hingga 1.547 unit.

(GridOto)

Masih Terus Berkembang

Mungkin bagi model anyar seperti City Hatchback, agak sulit untuk beradaptasi dengan segmennya ketika pertama kali hadir di Tanah Air. Namun ternyata model pengganti Jazz tersebut mampu mencatatkan hasil penjualan yang begitu bagus. City Hatchback terjual hingga 805 unit, naik 2,1 persen dari bulan April.

Sementara Yaris mencatatkan penjualan bulan Mei 2021 sebesar 554 unit, dan kenaikannya cukup pesat hingga 56 persen. Berbeda dari kedua rivalnya, Suzuki Baleno hanya mampu menjual 106 unit, turun dari hasil bulan April yang mencapai 462 unit. Sementara Mazda 2 yang sebelumnya menjual 4 unit saja meningkat hingga 82 unit di bulan Mei.

Semua ini berkat adanya insentif, walau ini diberlakukan untuk City Hatchback dan Yaris yang sudah memenuhi syarat. Ini membuktikan kalau segmen hatchback masih berkembang dengan baik walau ditengah kondisi yang belum stabil.

1 COMMENT

Leave a Reply