Sachsenring Bukanlah Sirkuitnya Yamaha, Hanya Quartararo yang Kuat

1

RiderTua.com – Valentino Rossi menegaskan bahwa Sachsenring bukanlah sirkuitnya Yamaha. Menilik dari start grid MotoGP seri ke-8 GP Jerman, apa yang dikatakan pembalap Petronas Yamaha itu memang benar. Rossi berada di urutan 16 di Liqui Moly Motorcycle Grand Prix Jerman. Rider berusia 42 tahun itu merupakan pembalap terbaik Yamaha kedua setelah Fabio Quartararo yang menempati posisi ke-2. Sementara Franco Morbidelli akan start dari tempat ke-18 dan Maverick Vinales ke-21 di grid. “Seperti biasa, kami semua sangat cepat dan sangat dekat satu sama lain. Saya start dari P16. Kualifikasi selalu sangat rumit di sini. Dan kami benar-benar melihat banyak pembalap top di grid belakang,” kata juara dunia 9 kali itu, melihat ke grid start.

Sachsenring Bukanlah Sirkuitnya Yamaha

“Pada hari Kamis, banyak jurnalis bertanya kepada saya mengapa Sachsenring begitu bagus untuk Yamaha. Tapi jujur, saya tidak ingat bahwa trek itu sangat bagus untuk Yamaha di masa lalu,” ujar Rossi sambil tertawa, yang pada 2009 meraih kemenangan terakhir Yamaha di GP Jerman.

“Ada beberapa hasil bagus dalam beberapa tahun terakhir, tetapi selalu sulit karena kami memiliki tikungan panjang di sini, selalu berbelok ke kiri dan ban menjadi sangat panas. Motor kami lebih menderita dari ini ketimbang balapan, jadi itu tidak mudah. Tapi kami melihat banyak perbedaan pada 5 posisi start pertama. Quartararo berhasil menjadi kuat, tetapi sepertinya Yamaha lainnya memiliki sedikit masalah.”

Apa yang berani dilakukan Valentino Rossi dalam balapan 30 lap? “Saya tidak tahu. Sulit karena saya start dari 16 di grid. Itu akan sangat tergantung pada level grip yang kami temukan. Bagaimanapun, ini akan menjadi sangat sulit dan sangat panjang karena balapan dengan 30 lap. Secara fisik juga tidak akan mudah, mari kita lihat. Kami akan berusaha meningkatkan posisi kami,” jawab rider asal Italia itu.

Jelang GP Jerman, ketika ditanya soal favorit, nama Marc Marquez yang tak terkalahkan di Sachsenring sejak 2010, berulang kali disebut-sebut. Rekor pole position pembalap Repsol Honda itu berhasil dipecahkan. Dan pada balapan kali ini, Marc akan start dari posisi ke-5. Apakah menurut The Doctor dia masih bisa merangsek ke urutan teratas?

“Dia kuat, dia akan berada di sana besok. Quartararo dan yang lainnya juga sangat cepat, tetapi dia memiliki posisi yang baik dalam hal kecepatan. Saya pikir dia sangat kompetitif di balapan besok,” ujar kakak Luca Marini (Avintia VR46) itu.

1 COMMENT

Leave a Reply