Penjualan Sepeda Motor di Indonesia Alami Kenaikan

1
(Asphalt & Rubber)

RiderTua.com – Walau sudah melalui ‘masa krisis’, tapi pasar otomotif di Indonesia belum sepenuhnya memulih. Seperti pada penjualan mobil yang masih naik turun, walau sudah diberikan insentif. Keadaan sebaliknya terjadi di pasar roda dua, dimana penjualan sepeda motornya mengalami kenaikan. Walau sedikit, setidaknya itu sudah lebih baik dari tahun lalu.

Baca juga: Masih Ada Negara yang Menyukai Motor Bebek

Penjualan Sepeda Motor Alami ‘Sedikit’ Kenaikan

Kalau diperhatikan, selama beberapa bulan terakhir pada tahun ini, pasar sepeda motor terpantau baik-baik saja. Walau diterpa dengan kondisi pasar yang belum memulih sepenuhnya, tapi sebagian besar produsen roda dua tetap pede menghadapinya. Tak sedikit pula ada yang merilis model terbaru di Indonesia, salah satunya Honda PCX 160.

Dengan semua itu, penjualan motor pada periode Januari-Mei 2021 mencatatkan angka 2.021.532 unit. Hasil ini meningkat 17,8 persen dari tahun sebelumnya di periode yang sama, dengan hasil mencapai 1.716.097 unit. Walau kenaikannya lumayan kecil, tapi melihat perbedaannya sudah jelas kalau pasar roda dua tahun ini sudah agak membaik.

Motor Matik Mendominasi

Seperti biasanya, motor matik atau skutik masih mendominasi penjualan sepeda motor di Tanah Air. Tentu itu bukan sesuatu yang mengejutkan, mengingat segmen ini menjadi segmen motor favorit masyarakat Indonesia. Honda dan Yamaha menjadi penguasa di segmen skutik dengan sejumlah model unggulannya, entah itu skutik 125 cc maupun skutik bongsor, contohnya PCX dan NMAX.

Selain itu, penjualan didorong oleh kedatangan berbagai macam produk terbaru yang diluncurkan selama periode tersebut. Dari PCX 160, CRF250 Rally, Ninja ZX-10R, Yamaha R15, MT-15, sampai CBR150R, kebanyakan berupa model sport. Walau tak dapat mendominasi segmen skutik, tapi ini membuktikan kalau segmen sport tengah berkembang pesat.

Kenaikan penjualan tersebut sudah cukup bagus, meski sebenarnya penjualan bulan Mei mengalami sedikit penurunan. Walau demikian, pasar roda dua setidaknya sudah mengalami sedikit pertumbuhan yang cukup bagus.

1 COMMENT

Leave a Reply