Rossi dan Yamaha Masih Memegang Rekor Kemenangan Terbanyak di Mugello

1

RiderTua.com – MotoGP Mugello menjadi venue balapan favorit para pembalap dan penggemar karena suatu alasan. Mugello adalah salah satu sirkuit klasik Italia, terletak di perbukitan di wilayah Tuscany dan merupakan tempat kesayangan bagi pecinta balap motor. Cepat, mengalir dan kencang menjadi tempat yang identik dengan kejayaan Ducati. Tercatat mesin racikan pabrikan Borgo Panigale telah memenangkan tiga edisi terakhir dan naik podium sejak 2015. Namun tahukan anda jika rekor kemenangan terbanyak masih dipegang oleh Valentino Rossi dan Yamaha.


Statistik MotoGP Italia Mugello sejak 2002

  1. – Kemenangan terbanyak oleh pembalap: Valentino Rossi (7 kali)
  2. – Kemenangan terbanyak oleh konstruktor: Yamaha (10 kali)
  3. – Kemenangan terbanyak oleh tim: Yamaha Factory Racing (10 kali)
  4. – Kemenangan beruntun oleh pembalap: Valentino Rossi (7 kali)
  5. – Kemenangan beruntun oleh konstruktor: Yamaha (5 kali)

Barisan Ducati Siap Menerkam

Namun kini semua berubah, pembalap favorit yang akan tetap menjaga momentum musim ini pastinya Jack Miller. Dengan kemenangannya di Le Mans dalam kondisi yang sulit, dan meskipun ada dua penalti Long Lap, dia melanjutkan kemenangan cantik di Jerez dengan gaya balapnya. Dan tampaknya aman untuk mengatakan bahwa pembalap Australia sekarang akan melakoni seri GP Mugello dengan gembira daripada tekanan.

Bagnaia tampil impresif pada 2021 dan memimpin klasemen untuk pertama kalinya sebelum Le Mans, dengan kecepatan di setiap venue dan melakukan sedikit kesalahan. Dengan pengalaman di kelas MotoGP yang lebih sedikit daripada Miller, dia bisa saja mengejar ketertinggalan itu, GP Prancis adalah buktinya…

Dan bagaimana dengan Johann Zarco? pembalap Prancis itu memburu podium berikutnya dan naik ke posisi ketiga di klasemen.. Kemenangan Pramac di kandang sendiri akan menjadi yang populer dan Zarco, seperti Bagnaia, belum merasakan podium teratas di kelas utama meskipun dia sudah dekat.

Sementara Michele Pirro turun untuk menggantikan Jorge Martin yang cedera. Pirro memahami trek dan mesin Italia ini, dan sangat terkesan dengan peran wildcardnya.

Meski begitu, masih jauh dari kesimpulan sebelumnya bahwa Ducati akan meraih kemenangan keempat di Mugello secara berturut-turut. Tiga dari empat besar yang mungkin Ducati miliki, ada Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha MotoGP) yang bisa saja mengacaukan pesta Ducati…

 

1 COMMENT

Leave a Reply