Aleix Espargaro Gagal Finis di Le Mans, Hari Senin Jalani Operasi

RiderTua.com – Aleix Espargaro gagal finis di Le Mans, hari Senin jalani operasi… Bagi Aleix Espargaro, balapan ke-5 MotoGP musim 2021 di Le Mans berjalan tak seperti yang diharapkan. Rider Aprilia itu harus menyelesaikan balapan sebelum waktunya karena masalah teknis. Ini adalah kali pertama pembalap berusia 31 tahun itu nirpoin di musim ini. “Saya sangat frustasi. Saya sudah lama tidak memiliki masalah, karena tidak bisa mengandalkan motor saya. Tapi bagaimanapun juga itu adalah balapan yang sulit. Sejak hari Sabtu saya sudah mengalami masalah mesin dan saya jatuh dua kali,” ujar pembalap ayah dari si kembar Max dan Mia itu. Pada balapan berikutnya di Mugello, dia ingin menebusnya. Untuk itulah dia menjalani operasi arm pump pada hari Senin. Pembalap Aprilia, seperti yang dilaporkan, terbang dari Le Mans ke Barcelona untuk menjalani operasi lengan kanannya..

Aleix Espargaro Gagal Finis di Le Mans, Hari Senin Jalani Operasi

Dalam balapan flag to flag (mengganti motor tanpa berhenti) pada race hari Minggu, Aleix Espargaro memulai dengan start yang baik. “Saya merasa sangat baik selama 4 atau 5 lap pertama dalam kondisi trek kering. Saat hujan turun, saya bisa menyalip Marc (Marquez) dan Nakagami. (Alex) Rins sedikit lebih cepat dariku, dia sudah berada di urutan ke-3 atau ke-4. Hujan membuat saya sangat frustasi dan kehilangan beberapa tempat di putaran pertama di trek basah. Tapi saya bisa menebusnya setelah motor diganti,” imbuh rider asal Spanyol itu.

“Saya bisa merangsek ke depan ketika saya berhasil menyalip Valentino, Lecuona, Petrucci, adikku Pol, Vinales dan seterusnya hanya dalam dua putaran! Untuk beberapa alasan, saya merasa sangat kuat di trek basah, untuk pertama kalinya selama bertahun-tahun. Tapi kemudian saya tersingkir, sungguh menyesalkan.”

“Akan sangat penting untuk mengambil poin dari tempat ke-5 atau ke-6. Dan sebenarnya itu akan mudah dilakukan di Le Mans. Dan itu akan sangat membantu mendongkrak peringkat kejuaraan dunia saya. Karena banyak pembalap lain di sekitar saya yang juga membuat kesalahan. Kami memiliki peluang bagus untuk meninggalkan GP France dengan sekitar 50 poin di klasemen keseluruhan. Itu akan menjadi hasil yang bagus setelah melakoni 5 balapan,” ungkap Aleix menjelaskan situasinya.

Tapi performa Aprilia RS-GP21 mengecewakan Aleix setelah melahap 16 dari 27 lap. Stabilitas mesin 1000 cc V4 dari Noale itu menyisakan banyak pertanyaan. Pasalnya, motor Savadori juga begitu.

Sejauh ini Espargaro belum mau membeberkan apa sebenarnya yang menjadi masalahnya. “Saya juga tidak bisa mengatakan, apakah Lorenzo juga balapan dengan masalah teknis yang sama dengan saya,” ujar Aleix.

Usai GP Prancis, pembalap Aprilia itu menjalani operasi arm pump pada hari Senin. “Setelah mencetak angka nol, adalah keputusan yang sulit untuk menjalani operasi sekarang, karena prosedur ini tidak mudah. Saya kehilangan banyak poin di sini yang harus saya ganti di Mugello.”

“Saya harus menunjukkan balapan yang kuat di sana. Sulit untuk mengatakan apakah saya akan menjadi lebih kuat di sana tanpa operasi sebelumnya. Saya khawatir saya akan 100 persen fit lagi setelah prosedur Mugello. Saya masih ragu. Pada saat yang sama, saya tidak ingin menundanya. Itulah mengapa, kemungkinan besar saya akan menjalani operasi,” pungkas kakak Pol Espargaro (Repsol Honda) itu.

Related Articles

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives