Morbidelli Keluhkan Cedera Lututnya: Balapan akan Sulit

1

RiderTua.com – Hasil kualifikasi GP Prancis menunjukkan seberapa besar kekuatan Yamaha di sirkuit Bugatti itu. Tiga pembalapnya berhasil start di 4 besar. Franco Morbidelli yang sempat mengeluh karena lututnya sakit, namun dengan percaya diri akan start dari P4 dalam race hari Minggu. Dia sempat terjatuh saat ‘gladi resik’ flag-to-flag’ di pit, sehubungan dengan cedera lututnya.. Sementara itu, pembalap pabrikan Yamaha Fabio Quartararo sukses merebut pole position dari rekan setimnya Maverick Vinales pada detik terakhir dengan menorehkan waktu 0,081 detik. Setelah Johann Zarco pada 2018, seorang rider asal Prancis kembali akan memimpin balapan di Le Mans.

Morbidelli Keluhkan Cedera Lututnya: Balapan akan Sulit

Franco Morbidelli melengkapi hasil luar biasa yang ditorehkan Yamaha di urutan ke-4. Sementara rekan setimnya di Petronas sekaligus mentornya di VR46 Academy, Valentino Rossi juga berhasil masuk 10 besar. Rossi finis di P9. “Sejak Portimao kami menorehkan hasil positif,” kata Morbidelli, yang bersinar di urutan ke-3 dan ke-4 di dua balapan terakhir dan hanya kalah 0,166 detik dari Quartararo di Le Mans-Prancis.

“Selama sesi latihan pagi, lutut saya mengalami cedera yang sebelumnya tidak berjalan dengan baik. Saya sudah mengeluhkan hal ini saat berlatih di ranch, tetapi saya tidak jatuh,” imbuh rider Petronas Yamaha itu.

Efeknya terlihat jelas di FP3, ketika Franky mencoba mengganti motornya untuk balapan flag-to-flag dan dalam prosesnya dia mengalami crash. “Lutut saya sakit dan tidak stabil. Itulah mengapa saya mendatangi klinik dan kami harus mengidentifikasi penyebabnya. Sore hari saya sudah baik-baik saja, sakitnya tidak terlalu parah. Semoga lututku lebih baik lagi malam ini,” ujar rider blasteran Italia-Brasil itu.

“Itu adalah hari yang baik dengan start dari baris kedua di grid. Tidak peduli bagaimana kondisi cuacanya pada hari Minggu, itu akan menjadi balapan yang sulit. Karena tidak ada yang tahu bagaimana kelanjutannya. Kami berada di jalur yang benar, perasaan saya terhadap motornya juga pas. Saya hanya berharap, kami memiliki kondisi cuaca yang jelas, basah atau kering. Tidak ada kondisi campuran atau balapan bendera-ke-bendera.”

Morbidelli dan Rossi adalah rider yang pertama mencapai trek dengan apik di Q2. Namun, mereka tidak dapat menggunakan 2 menit tambahan yang didapat dari ban untuk keuntungan mereka. “Untuk saat ini strategi itu tepat, karena tidak pasti bagaimana cuaca akan berkembang. Kalau dipikir-pikir, akan lebih baik jika mengganti ban. Yang lain memiliki ban baru menjelang akhir, saat saya bisa melaju pada putaran tercepat,” pungkas rider berambut ikal ini.

1 COMMENT

Leave a Reply