Categories: MotoGP

Apa yang Diubah di Motor Valentino Rossi Setelah Tes Jerez?

RiderTua.com – Valentino Rossi masuk 10 besar di latihan bebas kedua MotoGP di Le Mans, pertama Jumat. Beberapa pembaruan untuk Yamaha M1 yang sudah dilakukan di tes Jerez sedikit membantu. Meskipun ini baru latihan dan bukan jaminan untuk balapan, namun ubahan setup yang dilakukan tidak sia-sia.. “Ini hari yang lebih baik bagi kami. Saya sudah merasa nyaman dengan motor saat trek basah di pagi hari. Tetapi saya membutuhkan sesi di trek kering untuk memahami, apakah pekerjaan yang kami lakukan selama tes hari Senin di Jerez juga dapat membantu kami di Le Mans. Kami beruntung, di FP2 trek benar-benar kering. Jadi kita bisa memacu dan mencoba untuk memahami.” Ada 4 poin yang diubah pada motor Rossi apa saja itu..?.. Tampaknya Yamaha terlihat mendukung penuh The Doctor dengan memberinya part baru yang dia minta… wah.

Apa yang Diubah di Motor Valentino Rossi Setelah Tes Jerez?

Juara dunia 9 kali itu sangat optimis tidak hanya karena hasil latihan bebas hari pertamanya, tetapi juga karena perasaannya yang lebih baik. “Pada akhirnya, saya berada di urutan ke-9 dari 10 besar. Tapi saya juga membalap dengan cara yang lebih baik. Saya lebih konsisten dan punya kecepatan yang bagus. Saya bisa melakukan late braking dan berbelok lebih cepat ke tikungan. Tidak terlalu buruk untuk semua latihan bebas. Sangat penting bahwa kami berada di 10 besar dan sepertinya, kami sedikit lebih kuat ketimbang di beberapa balapan pertama,” ungkap mentor sekaligus pemilik VR46 Academy itu.

Saat Rossi ditanya, bagaimana dia berhasil menjaga motivasi tetap tinggi di saat melewati masa sulit? “Ini baru hari Jumat, tapi saya sangat senang karena balapan pertama sangat sulit. Sulit untuk menjaga motivasi ketika keadaan menjadi sangat buruk. Karena saya menjadi pesimis dan sering merasa tidak ada harapan. Ini tidak mudah. Tapi saya mencoba untuk tetap tenang karena saya sudah lama berkecimpung di dunia balap,” ujar kakak Luca Marini itu.

“Saya mencoba mengingat, ketika saya memenangkan 11 balapan dalam setahun,” kata pemenang GP 115 kali itu sambil tertawa.

“Dan kemudian teman-teman saya dan tim saya, membantu saya. Saya mendapat banyak dukungan dari semua orang, baik dari pit saya maupun dari semua orang yang bekerja di Petronas. Itu sangat membantu saya. Itu tidak mudah, tetapi saya harus berusaha untuk tidak menyerah. Karena di MotoGP semua berjalan begitu cepat. Tahun lalu Danilo (Petrucci) menang di sini, tapi hari ini dia yang terakhir. Segalanya berubah begitu cepat, satu momen sudah cukup dan kita bisa tertinggal,” ungkapnya.

Perubahan setup

Yamaha M1 milik Valentino Rossi menawarkan beberapa pembaruan. Nyatanya, set-up suspensi sudah berganti, shock baru diganti, distribusi bobot pun ikut dimodifikasi. Sebuah bantalan nampak di sadel yang memungkinkannya untuk menambah beban di bagian depan. “Semua hal ini membantu kami menjadi lebih kuat, terutama saat melakukan pengereman dan memasuki tikungan. Saya merasa lebih baik di atas motor”.

Dengan penuh keyakinan, Vale menambahkan, “Kemajuan yang dibuat dalam tes selama satu hari di Jerez tampaknya menjadi titik terang dan sesuai yang kami harapkan. Saya pikir tes di Jerez telah banyak membantu kami. Kami bekerja keras dalam tes, kami mengubah set-up elemen suspensi dan mencoba garpu yang berbeda.”

“Misalnya, kami mengubah distribusi bobot dan menguji swingarm karbon lain yang bagus. Semua itu membantu kami menjadi lebih kuat, terutama saat melakukan pengereman dan memasuki tikungan. Saya bisa lebih cepat memasuki tikungan tanpa melebar. Saya merasa lebih baik dengan motor.”

“Saya masih mengalami beberapa masalah. Karena ada beberapa fase pengereman di bagian yang menggantung, di mana saya sedikit kesulitan. Tapi itu normal, ini baru hari Jumat. Kami hanya perlu meningkatkan set-up umum dan hal-hal kecil lainnya. Semua itu akan sangat tergantung pada cuaca. Prakiraan cuaca untuk balapan saat ini tidak fantastis, tetapi cuaca di Le Mans bisa berubah setiap lima menit,” pungkas Valentino Rossi.

This post was last modified on 15 Mei 2021 08:50

Rafie Satya Pradipta

Leave a Comment

Recent Posts

Fabio Di Giannantonio : Senang Bisa Finis ke-6 Dalam Balapan Seperti Ini

RiderTua.com - Setelah melakoni latihan dengan sangat baik di hari Jumat, kedua rider dari tim Pertamina Enduro VR46 yakni Fabio Di…

17 April 2024

Para Pemudik Ramaikan Bale Santai Honda Jatim di Lebaran 2024

RiderTua.com - MPM Honda Jatim (PT. Mitra Pinasthika Mulia) selaku distributor motor Honda wilayah Jatim dan NTT, di masa mudik…

16 April 2024

Aleix Espargaro : Jika Tidak Ada Kontak di Lap Pertama Saya Bisa Finis di 5 Besar

RiderTua.com - Sementara rekan setimnya Maverick Vinales mendominasi GP Amerika, Aleix Espargaro finis ke-7 setelah terjadi kontak di awal balapan.…

16 April 2024

Toyota Dkk Tidak Naikkan Harga Small SUV Bulan Ini

RiderTua.com - Toyota memang memiliki berbagai macam model SUV yang dijualnya di Indonesia. Seperti small SUV Raize yang dijual bersama…

16 April 2024

Cara Enea Bastianini Menghemat Ban, Mulai ‘Ngepush’ Pada 8 Lap Terakhir

RiderTua.com - Setelah meraih dua kali podium berturut-turut, Enea Bastianini berhasil menempati peringkat 2 di klasemen. Rider pabrikan Ducati itu…

16 April 2024

Motor Adventure Baru MV Agusta LXP Enduro Veloce, Versi untuk Jalan Raya

RiderTua.com - Pabrikan asal Italia yakni MV Agusta kembali meluncurkan motor adventure baru dengan nama MV Agusta LXP Enduro Veloce…

16 April 2024