Cornering Speed Yamaha No.1 di MotoGP?

1

RiderTua.com – Apakah saat ini cornering speed Yamaha No.1 di MotoGP? Hasil yang membuktikan.. Di kualifikasi 2 GP Jerez, Stefan Bradl berada di belakang Maverick Vinales dan menyaksikan sendiri keunggulan Yamaha M1 di tikungan. “Kecepatan menikung Yamaha luar biasa, stabil. Seperti apa yang dilakukan para pembalap Yamaha. Mereka membalap seperti di rel. Meskipun ini bukan hal baru di Yamaha,” kata pembalap asal Jerman itu. Ramon Forcada disisi lain membahas keunggulan cornering speed antar rider Yamaha.. Quartararo lebih cepat di tikungan ketimbang Jorge Lorenzo, katanya. Di GP Portimao dan Jerez, Maverick Vinales mengalami kesulitan sehingga tidak bisa tampil maksimal. Seseorang pengguna Twitter mengajukan pertanyaan mengenai apa hubungan antara casing ban dan gaya belap mirip Lorenzo dan kecepatan yang mampu dihasilkan. Dan kepala kru Franco Morbidelli, Ramon Forcada memberikan jawaban singkat tapi menarik tentang Yamaha dan kecepatan menikung dalam diskusi di Twitter itu.

Cornering Speed Yamaha No.1 di MotoGP?

Ramon Forcada menjawab, “Yamaha tercepat di tikungan, terutama di tikungan cepat. Saat ini Fabio yang tercepat, lebih cepat dari Lorenzo. Kecepatan menikung tidak hanya bergantung pada ban. Menjelaskan gaya balap sangatlah sulit, apalagi tanpa melihat data.”

Pada saat yang sama, kepala teknisi sarat pengalaman itu menekankan bahwa keunggulan ini akan segera hilang begitu seorang pembalap Yamaha terjebak di belakang kompetitor. “Motor yang tidak memiliki power besar dan tidak memiliki akselerasi yang baik akan bekerja lebih baik saat mereka slipstream. Seperti kereta. Karena jika mereka ‘mengorbankan’ racing line mereka, akan sulit bagi mereka untuk mengejar ketertinggalan saat keluar dari tikungan.”

Satu hal terpenting bagi para pembalap Yamaha, yang sejauh ini telah merayakan tiga kemenangan di empat balapan musim ini, untuk memiliki posisi start yang baik selain di sesi kualifikasi. Dimana hal ini selalu menjadi titik lemah bagi Vinales.

Seperti kita ketahui keunggulan mesin inline-4 adalah cornering speednya, ada dua tim yang menggunakan tipe mesin ini yaitu: Yamaha dan Suzuki.. Di beberapa kasus trek tahun ini ada perubahan pakem dimana Yamaha mengalahkan Ducati di trek yang panjang (Qatar) dan Ducati mengalahkan Yamaha di trek yang meliuk-liuk ( Jerez).. Artinya ada faktor lain selain karakter motor itu sendiri sebagai penentu kemenangan, jadi tidak ada motor yang sempulna…

1 COMMENT

Leave a Reply