Wah, Aprilia Kuat di Semua Trek..!

2

RiderTua.com – Setidaknya menurut Aleix Espargaro ada hal positif terjadi dengan motor Aprilia yang kuat tak hanya di satu trek sahaja… Pada putaran ke-4 MotoGP musim 2021, Aleix Espargaro kembali menunjukkan kekuatan Aprilia RS-GP. Pembalap berusia 31 tahun itu berada di tempat ke-2 di FP1 dan ke-3 di FP2 di timesheet gabungan sirkuit Angel Nieto Jerez. Melihat torehannya ini, apakah pembalap asal Spanyol itu akan mampu naik podium di balapan kali ini? Namun, dia tetap harus mewaspadai kekuatan Yamaha sebagai saingan utamanya. Aprilai sepertinya menganut mesin V4 dengan filosofi Yamaha dan Suzuki, raja tikungan?

Aprilia Kuat di Semua Trek

Menanggapi hasil positif pada latihan bebas hari pertama, Aleix Espargaro berkata, “Saya puas dengan hari pertama ini. Hal baiknya adalah, Aprilia tampaknya berfungsi dengan baik di trek mana pun, bukan hanya 1 trek. Karena ini, untuk pertama kalinya kami begitu kompetitif, tentu kami memiliki keraguan setiap kali kami datang ke trek yang berbeda.”

“Tapi saya harus mengatakan, saya merasa sangat kuat dan nyaman dengan motor dari lap pertama atau kedua FP1 hari ini. Dengan ban balap khususnya, saya merasa bahwa saya dapat mempertahankan kecepatan yang baik. Secara keseluruhan, saya puas. Namun treknya masih sangat licin, itu baru hari pertama. Dengan lebih banyak keausan ban dari semua kelas, banyak hal bisa berubah. Tapi kenapa tidak, saya merasa baik. Kita lihat saja,” imbuh pembalap kakak dari Pol Espargaro (Repsol Honda).

Sementara itu tes rider Aprilia Andrea Dovizioso tidak berperan dalam penampilan hari ini di Jerez. Aleix menjelaskan, “Keuntungan terbesarnya adalah saya menguji di sini pada Februari lalu. Tapi kami tidak memulai dengan set-up. Kami sedikit memperbaiki motor setelah tes shakedown di Jerez.”

“Setelah balapan di Qatar dan Portimao, kami hanya bertahan dengan set-up yang kami kembangkan. Tapi saya rasa, saya tidak mendapat keuntungan besar karena Stefan (Bradl), yang merupakan pembalap yang baik dan secara praktis tinggal di Jerez selama musim dingin, tidak masuk 10 besar hari ini.”

Ketika ditanya tentang kecepatannya yang kuat, ujung tombak Aprilia itu menanggapinya dengan bercanda, “Targetnya adalah untuk sedikit meningkatkan performa, memulai balapan dan menjauh dari semua pembalap. Semua pembalap pasti akan meningkat, kami tahu betapa ketatnya persaingan di Jerez. Di FP3 setiap pembalap akan mendapat 0,3 detik.”

“Selain itu, saya pikir kami memiliki kecepatan yang sangat bagus. Itu juga sedikit mengejutkan saya, ban saya bisa melibas lebih dari 10 lap dan melaju 1:37 menit di setiap lap,” ujar peringkat ke-6 dalam klasemen di Kejuaraan Dunia.

“Saya merasa sangat baik, itu memotivasi saya untuk balapan. Saya tahu, khususnya Yamaha dan mungkin Suzuki akan semakin dekat besok. Tetapi sulit untuk membalap lebih cepat dari 1:37 menit pada ritme balapan. Jika kami bisa berkendara 1:37 menit dengan ban bekas di hari pertama, mereka harus lebih baik dari saya,” kata Aleix sambil tersenyum lebar.

Meskipun demikian, Aleix Espargaro juga memperingatkan, “Saya ingin mengatakan, saya siap untuk menang, tetapi itu tidak benar. Pembalap lain pasti akan meningkat. Setiap akhir pekan kita semakin dekat dengan target kita. Targetnya adalah untuk bertarung memperebutkan kemenangan dan tempat podium dalam waktu dekat.”

“Kami jelas sedikit lebih dekat di trek ini, tetapi yang lain akan menyalip, itu sudah pasti. Khususnya tiga pembalap Yamaha Morbidelli, Vinales dan Quartararo, akan menjadi orang-orang yang harus dikalahkan. Tapi kami sudah dekat. Saya sangat senang dengan hari pertama ini dan berharap bisa mengikuti mereka,” pungkas rider yang menjadi ujung tombak Aprilia itu.

2 COMMENTS

Leave a Reply