GR Raize Tak Sediakan Transmisi Manual, Kok Bisa?

0
(Autofun)

RiderTua.com – Baru dihadirkan di Indonesia, Raize sudah mendapat varian GR Sport dari Toyota. Memang tak seperti GR Yaris yang mendapat ubahan total, karena yang satu ini hanya sekedar penambahan aksesori khusus. Namun anehnya GR Raize ini tak dilengkapi dengan pilihan transmisi manual. Malah yang ada hanyalah transmisi CVT saja.

Baca juga: Harga Rocky dan Raize di Indonesia, Murah Meriah?

GR Raize Tak Dilengkapi Pilihan Transmisi Manual

Varian GR (Gazoo Racing) menjadi salah satu varian yang disukai oleh konsumen Toyota. Memang karena tuner ini terkenal dengan sejumlah aksesori tambahan untuk sejumlah model Toyota yang cukup terkenal. Bahkan tak sedikit ada model yang mengalami perombakan total hingga desain dan mesinnya, seperti GR Yaris.

Tentu sebagian besar model hanya mendapat aksesori saja, tak terkecuali Raize. Mobil SUV mungil ini sudah punya varian GR Sport, meski sekedar menambahkan body kit serta bumper dan pelek 17 inci berwarna hitam glossy. Tapi tak seperti varian GR lainnya, Raize yang satu ini tak mendapat transmisi manual.

Duo SUV Rocky-Raize sudah terdaftar
(global.toyota)

Favorit Konsumen

Padahal varian GR lebih terkenal dengan keberadaan transmisi manualnya yang disebut cukup keren untuk model bergaya sporty. Jadi apa alasannya? Toyota Astra Motor (TAM) mengaku kalau itu sudah sesuai dengan survei yang dilakukannya jauh sebelumnya. Survei ini tentu saja dilakukan untuk melihat permintaan konsumen di pasar.

Sepertinya konsumen saat ini lebih suka transmisi matik ketimbang manual karena pengoperasiannya yang mudah. Tapi tetap saja, apapun varian sporty pada mobil merek apapun, tentu tak bisa lepas dari yang namanya ‘tiga pedal’. Tapi seiring berjalannya waktu, makin banyak mobil yang memakai jenis matik daripada manual.

Walau mengandalkan transmisi CVT, tapi TAM menjamin performanya tetap optimal layaknya model standarnya. Raize saat ini tersedia dalam dua pilihan mesin, yaitu 1.000 turbo dan 1.200 cc naturally-aspirated (N/A). Masing-masing memiliki performa dan keunggulannya tersendiri, dan bisa dipilih sesuai keinginan konsumen.

Leave a Reply