Hasil Kualifikasi MotoGP Portugal: Batalnya Rekor Pecco, Fabio Pole, Marc P-6

0

RiderTua.com – Rekor lap Portimao 1:38.892 oleh Oliveira tahun lalu hampir terpecahkan oleh Pecco Bagnaia dengan 1:38:494.. Namun akibat jatuhnya Miguel Oliveira dan keluar bendera kuning, pole Bagnaia dibatalkan dan otomatis rekornya ikutan hangus. Fabio Quartararo akan start dari posisi terdepan, mendapat ‘hibah’ dari Bagnaia (rekor lap dihapus karena yellow flag …). Rins dan Zarco melengkapi pembalap yang start dari baris depan.. Marc Marquez yang bangkit dari Q1 berhasil start dari posisi ke-6. Sementara Valentino Rossi harus start dari posisi ke-17 di GP Portugal pada hari Minggu nanti.

Hasil Kualifikasi MotoGP Portugal: Batalnya Rekor Pecco, Fabio Pole, Marc P-6

Bintang Honda Marc Marquez dan juara bertahan MotoGP Joan Mir (Suzuki) lolos dari Q1 ke Q2 di Portimao. Tugas selanjutnya adalah berebut posisi start 1 hingga 12 untuk balapan MotoGP seri ketiga musim 2021. Di Q1, Marc Marquez memimpin dengan 1: 39.253. Tidak ada yang mendekati catatan waktu Marc Marquez, pembalap Spanyol itu akhirnya berhasil menuju Q2 seperti yang dilakukan rekan senegaranya Joan Mir.

Pol Espargaro (Repsol Honda) yang mengalami crash di Tikungan-5 pada sesi latihan bebas keempat beberapa menit sebelum Q1 dan tersingkir di putaran keempat. Paruh kedua sesi (kurang 15 menit), Rossi berada di posisi ke-7, hampir 0,7 detik di belakang pembalap tercepat. Pembalap Italia itu tidak bisa meningkatkan kecepatannya menjelang akhir sesi.

Berikut hasil Q1:

Hasil Q2 (Dibatalkan karena Yellow Flag Oliveira crash)

Di Q2 ada 12 pembalap yang siap mengerahkan kemampuan maksimalnya untuk memperebutkan posisi terdepan. Pertarungan langsung membara, Johann Zarco mengalami crash setelah beberapa menit. Quartararo memimpin, diikuti oleh Morbidelli dan Mir (Bagnaia posisi ke-2 catatan waktunya dibatalkan karena bendera kuning, sama seperti Vinales dengan waktu terbaiknya).

Sementara Marquez menunggu lama sebelum terlihat di lintasan. Fabio terus melaju ada diikuti dengan ketat oleh duo Tim resmi Ducati, Marc dan Zarco… Lap ditutup sebelum waktunya kerena insiden Oliveira, sementara Pecco Bagnaia meluncur pada tahap akhir seperti rudal, tetapi rekor lapnya dibatalkan karena bendera kuning muncul, Fabio Quartararo mengambil posisi terdepan, diikuti oleh Alex Rins dan Johann Zarco.

Hasil Q2 (Fix)

 

Leave a Reply