Di Portimao Marc Marquez Memakai Motor Stefan Bradl, Bukan ‘Motor Alien’

0

RiderTua.com – Bintang Repsol Honda Marc Marquez akan melakukan comeback MotoGP-nya di Portimao akhir pekan ini. Saat konferensi pers, pembalap asal Spanyol itu berbicara tentang kekhawatiran yang dirasakannya dan harapan menjelang sesi latihan pertama hari Jumat. Tepat 9 bulan setelah mengalami cedera parah dan upaya comeback-nya yang terburu-buru di Jerez, juara dunia balap motor 8 kali itu berani kembali ke trek dengan motor Honda MotoGP-nya. “Banyak pekerjaan yang sedang dilakukan dan motor hampir tidak berbeda dari model tahun sebelumnya, tetapi masih ada beberapa pembaruan. Saya tidak mengendarai motor saya di FP1, saya akan langsung mulai dengan motor Bradl. Karena sudah terpasang suku cadang terbaru. Kemudian saya ingin membangun motor saya sendiri dan membuat beberapa kompromi untuk kembali ke level teratas.”. Hmm.. kembali meracik motor alien nih setelah ini..?

Di Portimao Marc Marquez Memakai Motor Stefan Bradl, Bukan ‘Motor Alien’

Saat konferensi pers di Portugal pada hari Kamis, dia berkata dengan nada senang, “Sangat menyenangkan akhirnya bisa kembali dan bertemu semua orang lagi. Sungguh 9 bulan yang sangat-sangat sulit bagi saya. Pada hari Jumat ini akan menjadi waktu untuk mengambil langkah terpenting dalam rehabilitasi saya, karena saya akan kembali menunggangi motor MotoGP untuk pertama kalinya. Jujur, memang benar bahwa saya sedikit khawatir dan gugup. Saya tidak tahu kenapa bisa terjadi. Tapi saya yakin perasaan ini akan hilang setelah FP1.”

Pembalap Repsol Honda itu kembali ke lintasan balap sebelum awal musim. Dia berlatih melibas beberapa lap dengan motor versi jalan raya, dalam sesi latihan pribadi di Barcelona dan Portimao untuk melihat bagaimana perkembangan pemulihannya.

Marc kembali menekankan, “Pada hari Kamis, saya melihat kembali semua kru untuk pertama kalinya, terutama orang-orang dari Jepang. Saya sudah bertemu dengan sebagian besar mekanik asal Spanyol dalam tes pribadi kami. Setiap orang sangat termotivasi. Tetapi mereka langsung mengatakan kepada saya, bahwa kami tidak memiliki target untuk balapan akhir pekan ini. Saya tidak akan menjadi Marc yang sama seperti yang mereka kenal. Karena saya butuh waktu.”

Pada tahun 2020 Marc Marquez seharusnya menjadi bagian dari Tim Repsol Honda di samping saudaranya Alex. Tetapi setelah kecelakaannya di Jerez, dia terpaksa hanya menonton adiknya dari rumah. “Sangat aneh menyaksikan balapan dari rumah, terutama di awal-awal. Namun setelah beberapa saat, saya menjadi relatif normal. Ternyata sangat menyenangkan melihat semua yang ada di TV. Sangat sulit untuk memutuskan untuk tidak comeback di Qatar. Karena saya sebenarnya siap untuk pergi kesana, tetapi saya belum fit 100 persen,” kata Marc Marquez.

Dia menambahkan, “Pada akhirnya, para dokter menghentikan saya dan saya mengikuti instruksi mereka. Kekhawatiran apakah saya akan dapat membalap lagi, dan apakah lengan saya akan normal kembali dalam 9 bulan sangat besar.

Pakai Motornya Stefan Bradl di FP1

Absennya Marquez jelas sangat dirasakan Honda. Karena Honda tidak pernah menang pada tahun 2020. “Honda tidak dalam keadaan terbaik dan saya sudah berbicara dengan staf Jepang di Honda untuk memahami apa masalahnya. Karena pada akhirnya harus menemukan kompromi sehingga semua pembalap Honda dapat menggerakkan motor dengan cepat dan dapat mencapai level yang kuat. Honda memiliki pembalap yang kuat. Dengan Pol Espargaro yang sering naik podium bersama KTM, Nakagami yang sudah lama berada di MotoGP, dan saudara saya yang merupakan Juara Dunia Moto2.”

“Kalian semua memiliki masalah yang sama seperti sebelumnya, saat saya terakhir naik motor. Ini tentang kurang jatuh, menemukan batas dan mendapatkan kembali kepercayaan diri,” kata pemenang GP 82 kali itu.

“Banyak pekerjaan yang sedang dilakukan dan motor hampir tidak berbeda dari model tahun sebelumnya, tetapi masih ada beberapa pembaruan. Saya tidak mengendarai motor saya di FP1, saya akan langsung mulai dengan motor Bradl. Karena sudah terpasang suku cadang terbaru. Kemudian saya ingin membangun motor saya sendiri dan membuat beberapa kompromi untuk kembali ke level teratas.”

“Jumat akan menjadi tes pribadi bagi saya, kami harus melihat bagaimana perasaan saya di motor. Tapi saya sudah mengatakan dengan sangat jelas kepada Honda, bahwa saya sama sekali tidak punya target pada balapan akhir pekan ini. Saya tidak tahu berapa lama saya akan sepenuhnya kembali. Apa yang saya pelajari dari situasi ini? Kami memiliki banyak balapan dalam hidup, tetapi hanya punya satu tubuh,” pungkas pembalap kakak dari Alex Marquez (LCR Honda) itu.

Leave a Reply