Arab Saudi Juga Ingin Menggelar MotoGP, Wah Saingan Berat Nih!

0

RiderTua.com – Arab Saudi juga ingin menggelar MotoGP.. Pangeran Khalid, presiden Federasi Motor Saudi, dilansir media Spanyol Marca.com mengatakan bahwa MotoGP akan menjadi tujuan berikutnya setelah F1 pada 2021. Setelah menyelenggarakan dua seri Reli Dakar dan Formula E, tujuan berikutnya bagi Arab Saudi adalah balap mobil Formula 1 dan tentunya MotoGP. Balap mobil F-1 untuk pertama kalinya di negara Arab akan diadakan tahun ini… Sirkuit yang di desain oleh Herman Tilke ini dibangun di area pelabuhan (Corniche) Jeddah diyakini akan menjadi urban race (balapan di tengah kota) dan sirkuit jalanan tercepat dan paling menarik… Melihat layout-nya yang memanjang namun juga berkelok-kelok dan cepat, siapa yang akan dominan kira-kira? Marquez lagi?

Arab Saudi Juga Ingin Menggelar MotoGP, Wah Saingan Berat Nih!

Sirkuit Jeddah Arab Saudi MotoGP
Sirkuit Jeddah Arab Saudi MotoGP

“Kami ingin menjadi tuan rumah semua acara motorsport besar dan MotoGP adalah salah satu yang paling banyak diikuti oleh warga Saudi,” jelas Pangeran Khalid bin Sultan Al Faisal Al Saud, presiden Federasi Olahraga Motor dan Sepeda Motor Arab Saudi dalam sebuah wawancara.

“Kami sedang membangun kota motor di Qiddiya, dengan lebih dari 10 sirkuit untuk reli, acara lintas negara, relicross, motorcross … untuk kompetisi terbaik di dunia. Dan tentu saja, kami ingin sekali menyelenggarakan MotoGP serta segera setelah kami bersiap-siap karena itu adalah balapan yang sangat seru,” ungkapnya.

Tempat pergelaran balap MotoGP adalah sirkuit Qiddiya yang spektakuler, yang akan dibangun sebagai bagian pusat dari mega-kota rekreasi di pinggiran ibu kota, Riyadh, dan yang akan disetujui untuk menjadi tuan rumah balapan terbaik di dunia.. Tentu saja Formula 1, juga MotoGP atau WEC “, kata kepala motorsport Saudi ini.

Sebelum MotoGP mendarat di Arab, Formula 1 akan menderu di sirkuit jalanan yang dibuat oleh Herman Tilke di area pelabuhan (Corniche) Jeddah, dengan Laut Merah sebagai  pemandangannya. Hari ini kita akan mengetahui detail treknya, tetapi Pangeran Khalid sudah mempersiapkan beberapa detail: “Pemandangannya ajaib. Ini akan menjadi urban race (balapan di tengah kota), ya, tapi kami ingin itu menjadi yang paling menghibur dari semuanya. Biasanya tes ini memiliki keterbatasan. Karena treknya, biasanya tidak mudah untuk menyalip (overtake) … Tapi saya bisa berjanji bahwa Jeddah akan menjadi sirkuit jalanan tercepat dan paling menarik yang pernah dibangun dalam hal lingkungan, pemandangan, dan sekitarnya”.

Leave a Reply