Apakah Valentino Rossi Yakin Bisa Naik Podium di Balapan Pembuka Musim di Qatar?

0
Tekad Valentino Rossi Membalik Keadaan di Laga Kedua GP Qatar

RiderTua.com – Apakah Valentino Rossi yakin bisa naik podium di balapan pembuka musim di Qatar?… Valentino Rossi hanya berada di urutan ke-11 secara keseluruhan setelah tes Qatar terbaru. Tapi soal kecepatan balapan (race pace), pembalap Petronas Yamaha itu mengatakan, “Kecepatan balapku sempurna, kecepatan balapan kami (pembalap Yamaha) sangat mirip, jadi tidak terlihat terlalu buruk”

Apakah Valentino Rossi Yakin Bisa Naik Podium di Balapan Pembuka Musim di Qatar?

Pada tes hari Rabu, Rossi berada di posisi ke-13. Kemudian keesokan harinya, meningkat menjadi ke-8. Tetapi setelah badai pasir yang terjadi pada tes terakhir hari Jumat, Valentino hanya berada di urutan ke-11 secara keseluruhan dengan Petronas Yamaha pada tes IRTA kedua (10-12 Maret) di Sirkuit Internasional Losail. Pembalap berusia 42 tahun itu kalah dari Jack Miller (Ducati), setidaknya 0,810 detik. Sedangkan tiga rekan Yamaha lainnya menyita perhatian sebagai peringkat 2 hingga 4.

Dilihat dari track record-nya, Sirkuit Losail tidak selalu menjadi tempat terbaik bagi Yamaha. 2005 dan 2006, lalu 2010, 2012 dan 2013 dengan Lorenzo. Lalu pada 2015 dengan Rossi, 2016 kembali dengan Lorenzo, 2017 dengan Vinales, kemudian Andrea Dovizioso memenangkan Ducati pada 2018 dan 2019, dan pada 2020 balapan menjadi korban atas krisis kesehatan.

Ketika Rossi ditanya, apakah dia yakin bisa naik podium di balapan awal musim pada 28 Maret di Losail? Pembalap asal Italia itu menjawab, “Saya sedikit mempelajari kecepatan balapan lawan. Maverick sangat kuat. Quartararo juga lebih cepat dariku dalam jarak tempuh.”

“Di belakang mereka ada banyak pembalap yang memiliki kecepatan yang hampir sama. Franco adalah salah satunya, begitu pula pembalap dari Ducati dan Suzuki. Tapi kecepatan balapan kami sangat mirip, jadi tidak terlihat terlalu buruk. Kami jelas membaik pada hari Kamis. Tidak banyak yang hilang dari pembalap top. Kami juga memiliki dua hari latihan sebelum balapan pertama. Kondisi lintasan akan terus berubah.”

“Pada hari Kamis, saya memiliki perasaan yang baik dan saya puas dengan hasilnya. Pertama dan yang terpenting, karena kami berhasil meningkatkan performa dibanding hari Rabu. Kami banyak mengerjakan motor dan menemukan beberapa solusi yang bagus. Saya kemudian melakukan pengejaran waktu yang baik. Sangat menyenangkan melihat 1:53 menit, meskipun itu hanya 1: 53.9 menit.”

Dalam 1: 53,993 menit, juara dunia 9 kali itu lebih cepat dari tes hari sebelumnya di Sirkuit Losail. “Tentu saja itu bukanlah masalah. Saya ‘tinggi’ dan telah membalap selama bertahun-tahun. Fakta bahwa saya dapat melakukan 1:53 menit untuk pertama kalinya adalah hal yang menyenangkan. Karena kalaupun motor dan bannya semakin bagus, itu juga berarti saya membalap dengan baik dan saya ada di sana,” tegasnya.

Leave a Reply