Hasil Tes Qatar Day-3: Miller Terdepan, Rossi Meningkat Lebih dari 1 Detik!

0
hasil Tes Qatar Day-3: Miller Terdepan, Rossi Meningkat Lebih dari 1 Detik

RiderTua.com – Hasil Tes Qatar Day-3 (Rabu 10 Maret): Miller terdepan, Rossi meningkat lebih dari 1 detik… Pada tes IRTA ketiga masih di sirkuit Losail Doha, pembalap pabrikan Ducati Jack Miller menjadi pembalap tercepat. Sementara itu, Pol Espargaro menjadi pembalap terbaik Honda di sesi kali ini, karena Stefan Bradl harus menghentikan tes setelah mengalami crash. Dan bintang Yamaha Petronas, Valentino Rossi meningkat ketimbang tes IRTA pekan lalu.

Hasil Tes Qatar Day-3 (Rabu 10 Maret): Miller Terdepan, Rossi Meningkat Lebih dari 1 Detik

Pada paruh kedua tes hari Rabu, Pol Espargaro untuk sementara berhasil memimpin. Pada sore harinya, pembalap baru Honda itu juga mengalami peningkatan. Tetapi sayang kemudian disingkirkan oleh Jack Miller. Pembalap baru Ducati ini adalah salah satu dari 6 pembalap yang pada akhirnya bertahan di bawah waktu 1: 54 menit. Selain Miller, Pol dan Aleix Espargaro, Johann Zarco serta duo Yamaha Maverick Vinales dan Fabio Quartararo juga berhasil mencatatkan waktu terbaik.

Dengan waktu yang relatif singkat, Quartararo berhasil menjauh lebih dari 0,5 detik dan membakar putaran terbaik sirkuit baru ke aspal. Sebelumnya, catatan ini dipegang oleh Marc Marquez, yang melaju 1: 53,380 menit pada latihan bebas kedua tahun 2019. Quartararo tertinggal 0,017 detik di bawahnya.

Namun, kali ini tidak berlangsung lama. Miller menjawab dan memangkas waktu lagi dengan 0,080 detik. Sementara itu, Maverick Vinales yang sempat mengalami kecelakaan kecil, memaksakan diri ke P3. Dia melakukan total 77 lap dan pada hari itu dia juga menguji sasis baru.

Pada tes pertama IRTA pekan lalu, hanya Quartararo yang berhasil menempuh trek sepanjang 5.380 km itu dalam waktu 1: 53 menit. Tapi berapa catatan waktunya dan seperti apa keseimbangan kekuatan sebenarnya, hanya tim mereka sendiri yang dapat menilai dengan baik.

Pada jam-jam penutupan tes hari Rabu, beberapa pembalap berkonsentrasi untuk melakukan persiapan balapan yang baik menjelang kick-off Kejuaraan Dunia pada 28 Maret. Yang diperkirakan dalam kondisi cuaca terbaik. Hampir tidak ada waktu perbaikan sebelum Quartararo, Miller dan Vinales melenturkan otot mereka. Pada akhirnya, Miller dan Takaaki Nakagami (Honda) terpaut 1,079 detik pada P10. Lima dari enam pabrikan yang berpartisipasi berada di antara keduanya. Hanya Ducati dan Yamaha yang berhasil masuk 6 besar dengan masing-masing dua mesin.

KTM yang menggunakan sasis baru, hilang di barisan terdepan. Miguel Oliveira adalah pembalap terbaik tim Orange itu. Pembalap asal Portugal itu menyelesaikan tes hari rabu di tempat ke-12. Sementara itu Brad Binder mengalami nasib buruk pada akhir pekan lalu dan tidak mampu melewati P20 pada hari Rabu. Tiga tempat di depan ada Danilo Petrucci, yang mengalahkan rekan setimnya di KTM Tech3 Iker Lecuona dengan selisih 0,3 detik.

Stefan Bradl yang begitu cepat di lintasan saat tes IRTA pertama, hari itu berakhir sebelum waktunya. Pembalap berusia 31 tahun itu jatuh di Tikungan 2 yang terkenal ‘horor’, dan memilih untuk tidak kembali menunggangi RC213V-nya. Karena alasan keamanan dan mengingat program yang haris mereka kerjakan di Sirkuit Internasional Losail.

Tim Honda melaporkan, setelah dilakukan pemeriksaan medis tidak ditemukan adanya cedera serius, Bradl mengalami beberapa luka lecet. Bradl berkata “Tidak seburuk yang kami sangka. Besok tetap lanjut.”

Namun, Honda masih kehilangan pengumpul data lain. Karena juara dunia 8 kali Marc Marquez masih dalam proses menjalani rehabilitasi. Meskipun dia masuk dalam daftar starter sementara untuk balapan pembuka musim, belum jelas apakah dia benar-benar akan mampu memperebutkan poin pertamanya.

Pada tes hari Rabu, Pol Espargaro memimpin skuat Honda (rider Honda terbaik). Takaaki Nakagami dari tim LCR-Honda berhasil masuk 10 besar. Sementara Alex Marquez mendarat di P15.

Di Petronas Yamaha SRT, banyak mata tertuju pada superstar Valentino Rossi. Pembalap asal Italia itu meningkat sedikit lebih dari 1detik, tetapi tetap di belakang rekan setimnya Franco Morbidelli dan Oliveira. Dia finis di tempat ke-13. Dari segi teknis, Rossi juga bekerja dengan sasis dan spatbor baru.

Pramac Racing tergesa-gesa masuk dan keluar lintasan. Pada tes hari Minggu, Zarco sudah memimpin peringkat kecepatan tertinggi. Dan pada tes hari Rabu, pembalap asal Prancis itu tampil lebih baik. Kecepatannya mencapai 352,9 km/jam. Tim mengumumkan pencapaian ini di Twitter.

Rekan setimnya, Jorge Martin tidak kalah dengannya. Kecepatannya mencapai 351,7 km/jam, tetapi hanya berakhir di posisi ke-19. Di luar trek, Pramac dan Suzuki termasuk di antara tim balap yang pertama diundang ke lap pers wajib.

Beralih ke Suzuki, Juara Dunia Joan Mir finis di tempat ke-7 dan hanya satu tempat di belakang Alex Rins (6) yang juga masuk sepuluh besar. Namun, sejauh ini kecepatan di lap cepat berkurang bagi para pembalap tim biru-perak itu di tahun 2021. Duo Spanyol ini juga mengerjakan banyak tugas untuk pengembangan.

Aleix Espargaro dan Aprilia memimpikan untuk bisa mengimbangi kecepatan dari pembalap Ducati. Di akhir pekan lalu, pembalap Spanyol itu mengeluh bahwa dia kehilangan kecepatan hingga 15 km/jam di trek lurus dari Ducati. Kal ini juga tidak ada yang berubah. Pada lap tercepatnya dia mencapai 337,5 km/jam.

Tapi di ​​timesheet dia masih memainkan peran yang baik. Duel internal melawan Lorenzo Savadori, yang terhitung sebagai rookie meski sudah melakoni tiga balapan MotoGP tahun lalu, jelas dimenangi pembalap veteran itu. Jarak antara dua pembalap Aprilia adalah 2,2 detik.

Enea Bastianini masih menjadi rookie terbaik. Juara dunia Moto2 itu menempati posisi ke-14. Sementara Luca Marini finis di urutan ke-22.

Tes MotoGP ke-4 akan digelar pada hari Kamis tetap di sirkuit Losail-Doha mulai dari jam 12 siang sampai jam 7 malam (Waktu Eropa).

Tes MotoGP Qatar, 10 Maret

1. Jack Miller, Ducati, 1: 53,183
2. Fabio Quartararo, Yamaha, + 0.080
3. Maverick Vinales, Yamaha, + 0.327
4. Johann Zarco, Ducati, + 0.716
5. Pol Espargaro, Honda, + 0.716
6. Aleix Espargaro, Aprilia, + 0.788
7. Joan Mir, Suzuki, + 0.895
8. Alex Rins, Suzuki, + 0.960
9. Francesco Bagnaia, Ducati, + 1.053
10. Takaaki Nakagami, Honda, + 1.079
11. Franco Morbidelli, Yamaha, + 1,184
12. Miguel Oliveira, KTM, + 1,343
13. Valentino Rossi, Yamaha, + 1,435
14. Enea Bastianini, Ducati, + 1,555
15. Alex Marquez, Honda, + 1,747
16. Stefan Bradl, Honda, + 1,791
17. Danilo Petrucci, KTM, + 1,795
18. Cal Crutchlow, Yamaha, + 1,815
19. Jorge Martin, Ducati, + 1,827
20. Brad Binder, KTM, + 2,096
21. Iker Lecuona, KTM, + 2,132
22. Luca Marini, Ducati, + 2,145
23. Dani Pedrosa, KTM, + 2,457
24. Sylvain Guintoli, Suzuki, + 2,459
25. Lorenzo Savadori, Aprilia, + 2,985
26. Michele Pirro, Ducati, + 4,072
27. Test 1, Yamaha, + 4,327
28. Takuya Tsuda , Suzuki, + 4,612
Test 3, Yamaha (no time)

Leave a Reply