Aprilia RX dan SX 125 Resmi Diluncurkan

1
(Visordown)

RiderTua.com – Nama Aprilia memang dikenal sebagai produsen sepeda motor bergaya sport yang sudah cukup terkenal di seluruh dunia. Tapi siapa sangka kalau merek ini mulai mengenalkan jenis baru lainnya, seperti motor trail. Baru-baru ini Aprilia merilis RX dan SX 125 yang disebut sebagai produk motor trail pertamanya. Keduanya hadir dalam varian, masing-masing yaitu Enduro dan Supermoto.

Baca juga: Aprilia RS 660 Kini Ada Spek Balapnya, Lho!

Aprilia Merilis RX dan SX 125 Motor Trail

Mungkin kedengarannya aneh kalau Aprilia mengeluarkan produk sepeda motor bermesin rendah. Entah apakah mereka sengaja menghadirkannya karena segmennya cukup menjanjikan. Yang pasti RX dan SX 125 hadir sebagai model trail pertama dari produsen tersebut.

Dari penampilannya, baik SX maupun RX sekilas nampak sama persis satu sama lain, meski desain grafisnya agak berbeda. Tapi perbedaan yang mencolok yaitu dari bannya, dimana RX Enduro memiliki ban off-road 21 inci di bagian depan dan 18 inci untuk roda belakang. Sementara SX 125 Supermoto memakai ban aspal standar 17 inci.

(Aprilia)

Beda Ban

Keduanya dilengkapi dengan suspensi depan upside down dan suspensi belakang monoshock dan swingarm. Panel instrumen digital-nya nampak cukup kecil untuk jenis motor trail, tapi itu sudah memberikan berbagai informasi seperti kecepatan motor. Kalau dilihat, RX dan SX cukup ideal sebagai motor yang digunakan sehari-hari.

Sesuai namanya, RX Enduro dan SX Supermoto mengandalkan mesin 125 cc DOHC satu silinder bertenaga 14,75 hp dan torsi 11,2 Nm. Mesin ini dipadu dengan transmisi manual 6 percepatan, yang mungkin cukup pas untuk jenis motor trail. Kedua motor ini dibanderol mulai Rp 76,5 jutaan di Inggris.

Kalau saja Aprilia membawanya ke luar negeri, bisa dipastikan kalau RX dan SX bakal bersaing dengan model sekelasnya. Honda CRF150 memiliki spesifikasi yang mendekati motor Aprilia tersebut, hanya saja bermesin 150 cc.

1 COMMENT

Leave a Reply