Sasis Baru Suzuki 2021 Lebih Baik? Semakin Lincah di Tikungan?

0
Sasis Baru Suzuki 2021 Lebih Baik? Semakin Lincah di Tikungan?

RiderTua.com – Joan Mir sedang menguji 3 aspek penting untuk sambut MotoGP 2021. Apakah sasis baru Suzuki 2021 yang diuji Mir lebih baik? Dan semakin menjadikan motor lincah di tikungan?… Juara dunia MotoGP Joan Mir memiliki daftar tes yang lumayan panjang pada hari Minggu. Salah satunya menguji sasis baru, sementara mesin tidak berubah. Berbeda saat kompetisi, pembalap pabrikan Suzuki ini belum memiliki perangkat holeshot di bagian depan. Filosofi Suzuki memang pelan asal cepat, dalam arti tidak ada revolusi dalam pengembangan namun evolusi (alon-alon mas…)

Sasis Baru Suzuki 2021 Lebih Baik? Semakin Lincah di Tikungan?

Sebelum tes resmi berakhir, Joan Mir menyelesaikan tes hari Minggu setelah melahap 48 lap dalam 1 jam. Dia membukukan catatan waktu terbaik 1: 54,515 menit, dan berada di posisi 8 di hari kedua.

“Itu adalah hari yang berat. Tes selalu melelahkan, karena saya selalu harus menguji 100 persen. Itu tidak mudah. Hari ini kami fokus untuk mencoba hal-hal baru yang berbeda,  termasuk sasis dan beberapa bagian dari perangkat elektronik. Selain ban yang berbeda, saya cukup senang dengan performanya. Catatan waktu kami tidak jauh. Itu berarti kami memiliki dasar yang baik untuk pengujian selama 3 hari ke depan,” ungkap pembalap berusia 23 tahun itu.

Mengenai potensi motor 2021 miliknya, pembalap pabrikan Suzuki tersebut mengatakan, “Motornya tidak banyak berubah, itu normal. Yang terpenting adalah kami meningkatkan hal-hal kecil yang menjadi kelemahan kami. Pertama meningkatkan lap time, kemudian sasis, dan perangkat elektronik. Itulah yang kami lakukan sekarang.”

Bagaimana pendapat Mir tentang sasis baru? “Ada aspek positif dan negatif, tapi ini bukan revolusi. Sedikit lebih baik dalam hal pengendalian. Misalnya pada area pengereman, kurang bagus. Kami harus segera memperbaikinya, untuk melihat apakah kami dapat menyiapkannya tepat waktu. Kita masih punya waktu 3 hari untuk itu,” ujarnya, teringat masih ada tes selama 3 hari lagi di pekan depan (10-12 Maret).

Holeshot…

Pada motor Honda dan Ducati, mereka memasang perangkat holeshot tambahan di bagian depan, yang mirip dengan motorcross dan juga menurunkan fork. Sejauh ini, hanya peredam kejut pada RC213V dan Desmosedici yang diturunkan. Bagaimana dengan Suzuki?

Sambil tersenyum Mir menjawab, “Jika semua orang memilikinya dan berhasil, maka kami harus meminta Suzuki juga ikut memasangnya. Saat ini saya tidak tahu, apakah itu berhasil atau tidak. Ketika ‘start device’ muncul, saya pikir ini berasal dari Ducati, kami juga tidak memilikinya, tetapi beberapa balapan kemudian. Dalam hal ini kami harus menunggu, karena saat ini kami tidak memiliki perangkat ini. Tetapi perangkat start (start device) kami berfungsi dengan baik. Tentu, di MotoGP berarti kami harus selalu berkembang. Jika kami membutuhkannya, tentu kami akan mendapatkannya.”

Leave a Reply