Pol Espargaro: Karakter Honda RC213V dan KTM RC16 Berlawanan!

0
Pol Espargaro: Karakter Honda RC213V dan KTM RC16 Berlawanan!
Pol Espargaro: Karakter Honda RC213V dan KTM RC16 Berlawanan

RiderTua.com – Menarik ketika mendengar kesan pembalap saat pindah merek atau tim, memang butuh keberanian untuk ganti pabrikan… Karena meskipun mesin mirip tidak selalu karakternya identik.. Honda dan KTM menggunakan konfigurasi mesin yang sama yaitu V4. Banyak yang mengatakan Pol Espargaro akan langsung nyetel dengan motor Honda karena kedua motor itu sama (liarnya).. Apakah karakter motor Honda dan KTM sama?. Pol Esparagro berujar.. “Terlalu berbeda untuk dibandingkan”… Nah bagaimana Pol menggambarkan secara detail kedua motor ini?

Pol Espargaro mengakui KTM yang dia kendarai tahun lalu dan motor barunya Honda MotoGP terlalu berbeda untuk dibandingkan.. Artinya tidak sama, hal ini dia simpulkan segera setelah hari pertama tes pramusim Qatar. Hari Sabtu pertama dari lima hari tes di Qatar akan menandai musim perdana Espargaro di atas motor baru RC213V.

Espargaro bisa jadi menggunakan tes untuk mengenal lebih dekat bagaimana motor Honda.. Meski awalnya berada di urutan ke-17 di tes pertama, karena kehabisan ban di penghujung hari sehingga dia tidak mencoba melakukan time attack untuk mencari waktu terbaiknya..

Tes IRTA kedua dia berhasil menjadi yang tercepat di urutan ke-12, sekali lagi catatan waktu sebenarnya belum dibutuhkan untuk pembala ‘rookie’.. Pol terlihat tersenyum setelah mencicipi motor barunya..

Pol Espargaro: Karakter Honda RC213V dan KTM RC16 Berlawanan

Setelah membalap dengan motor KTM selama empat tahun dan karena mesin RC16 dan RC213V serupa dan punya karakter yang serupa, Espargaro mengklaim bahwa keduanya pada dasarnya berlawanan satu sama lain. “Mereka terlalu berbeda untuk dibandingkan.. Dan ada tiga bulan di tengah-tengah di mana saya tidak mengendarai motor ini dan juga tidak membantu mengingat apa yang terjadi dengan KTM.

“Mereka (motor Honda dan KTM) sangat-sangat berbeda. Maksud saya, tentu, mereka adalah motor yang perlu ‘Anda lawan’ sedikit untuk mendapatkan hasil (liar). Tapi selain itu, yang lainnya sangat-sangat berbeda. Tapi rasanya sudah nyaman dengan Honda.

Pol menambahkan bahwa hal terpenting adalah mempelajari bagian depan, di situlah pembalap Honda mendapatkan waktu terbaiknya untuk fase pengereman dan memiliki kecepatan untuk menikung. Espargaro tidak terlalu terpaku pada pencarian set-up motor pada hari Sabtu, melainkan fokus pada hal-hal umum saat dia memulai beradaptasi dan berkenalan dengan RC213V.

Dilansir media Motorsport.com Espargaro berujar…”Banyak pekerjaan, seperti yang bisa saya bayangkan, terutama melihat batasan motor yang cukup sulit dengan pembalap muda yang super kuat, teman-teman, kita harus segera memacu harus cepat, jika tidak, kita akan sangat-sangat jauh ketinggalan.”

Fase perkenalan dilakukan Pol untuk menegtahui lebih dekat tentang mengenal motor, seperti: rem depan, rem belakang, posisi motor, hal-hal yang sangat mendasar,bukan tentang elektronik atau hal-hal besar seperti sasis atau hal-hal seperti itu. Namun Espargaro menegaskan dia hanya mencoba untuk belajar sebanyak mungkin.

Leave a Reply