Hongaria Masuk Kalender MotoGP 2023

0

RiderTua.com – Hongaria masuk kalender MotoGP 2023… Mulai 2023, Hongaria akan menjadi tuan rumah penyelenggara Kejuaraan Dunia MotoGP. Saat presentasi di Budapes, selain CEO Dorna Carmelo Ezpeleta, pembalap veteran Gabor Talmacsi juga hadir di event tersebut. GP Hungaria rencananya akan digelar di lintasan balap motor yang baru (Namun sirkuit itu tak kunjung rampung bertahun yang lalu).

Hongaria Masuk Kalender MotoGP 2023

Jika semuanya berjalan sesuai rencana yang dijadwalkan promotor MotoGP Dorna, ajang balap motor bergengsi juga akan singgah di Hongaria dalam 2 tahun kedepan. Selama presentasi yang digelar di ibukota Hongaria Budapest, CEO Dorna Carmelo Ezpeleta menandatangani perjanjian dengan perwakilan pemerintah Hongaria. Turut hadir di acara itu Jozsef Pacza selaku CEO Kelet-Magyarorszag Versenypalya Kft, dan Laszlo Palkovics selaku Menteri Inovasi dan Teknologi Hongaria. Serta mantan pembalap Gabor Talmacsi juga hadir di sana.

GP Hungaria rencananya akan digelar di lintasan balap motor yang baru. Dimana konstruksinya diharapkan akan dimulai pada kuartal kedua tahun 2021. Sirkuit tersebut akan berada di dekat kota terbesar kedua di Hongaria, Debrecen di wilayah Hajdusag. Proyek ini bertujuan untuk membangkitkan semangat para penggemar balap di Hongaria, dan memperluas kalender MotoGP ke Eropa Tengah. Selain itu, membuat trek kelas dunia di wilayah tersebut untuk meningkatkan minat serta mempromosikan bakat di wilayah tersebut.

“Kami sangat senang karena ada banyak gairah untuk olahraga balap motor di Hongaria. Gabor adalah juara dunia. Dan dengan proyek ini, diharapkan lebih banyak pembalap Hongaria akan datang ke Talent Cups dan paddock kami. Harapan kami adalah untuk mencapai yang terbaik bagi penonton di lintasan balap motor, konsekuensi ekonomi, dan liputan TV global di wilayah ini. Tapi kami juga ingin memiliki kesempatan, untuk memiliki lebih banyak pembalap Hungaria di masa depan,” kata Ezpeleta dengan bangga.

“Sejak awal, kami berhubungan dengan orang-orang yang memulai proyek ini, dan saya berada di wilayah itu 2 tahun lalu. Apa yang terjadi di sana sangatlah istimewa. FIM mengikuti pekerjaan homologasi dan saya pikir trek itu akan menjadi salah satu yang terbaik di dunia,” tambah pria berusia 75 tahun itu.

Tak kalah antuasias dengan Ezpeleta, Talmacsi mengatakan, “Saya bangga menjadi bagian dari proyek ini. Saya suka motor, saya suka balapan dan saya mengikuti olahraga bahkan ketika saya tidak balapan. Ini adalah momen yang luar biasa bagi kami, untuk berada di sini dan pemerintah telah menandatangani kontrak dengan Dorna.”

Ide sirkuit baru di Hungaria bukanlah hal baru, tahun lalu memang sudah ada rencana menggelar MotoGP akhir pekan di Balatonring. Namun fasilitas itu tak kunjung rampung. Sejauh ini, hanya dua balapan yang pernah berlangsung di Hongaria (1990 dan 1992). Kedua balapan itu semuanya digelar di Hungaroring, yang masih menjadi bagian dari kalender Kejuaraan Dunia Formula 1 hingga hari ini.

Leave a Reply