Categories: MotoGP

Sirkuit Eropa Siap Gelar Balapan Ganda

RiderTua.com – Akankah digelar balapan ganda lagi di Spielberg?… CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta mengharapkan tahun ini akan digelar 18 hingga 20 balapan. Jika tidak bisa digelar kompetisi di luar Eropa lagi seperti tahun lalu, kemungkinan akan digelar lagi balapan ganda di Eropa.

Akankah Digelar Balapan Ganda Lagi di Spielberg?

Musim MotoGP 2021 juga akan dilanda lebih keras dari yang diperkirakan oleh pandemi korona. Masih belum ada tanda normal baru. Banyak negara penyelenggara saat ini terkena gelombang kedua atau ketiga, situasi di banyak negara berubah dari minggu ke minggu. Selain itu, varian virus baru B1.1.7 (Inggris Raya), B1.351 (Afrika Selatan) dan P.1 (Brasil) juga semakin menyebar ke seluruh Eropa.

Tim krisis Dorna terus berhubungan dengan promotor lokal dan otoritas kesehatan di negara penyelenggara. Berkat “protokol pintu tertutup”, yang telah berhasil didemonstrasikan pada tahun 2020 dengan hanya 1.300 anggota tim (tidak termasuk tamu tim dan jurnalis), sebagian besar dari 20 Grand Prix yang direncanakan akan dimungkinkan.

“Masih banyak ketidakpastian dan kami mungkin harus menyesuaikan rencana kami. Keuntungan dari tahun 2020, bagaimanapun, kami dapat memulai musim MotoGP di Qatar pada bulan Maret dan balapan hingga November, sedangkan tahun lalu kami hanya dapat mengadakan balapan MotoGP pertama di Jerez pada pertengahan Juli, ”jelas CEO Dorna Carmelo Ezpeleta dalam sebuah wawancara dengan SPEEDWEEK.com. “Saya mengharapkan setidaknya 18 Grand Prix. Mungkin kami bisa mengatur 19 atau 20. Itu akan tergantung pada seberapa besar situasi membaik sebelum balapan di luar negeri pada bulan Oktober. Banyak orang di seluruh dunia akan divaksinasi terhadap penyakit pada akhir musim panas. Ini akan mengubah situasi secara signifikan. “

Phillip Island adalah kandidat yang goyah, tetapi ada lokasi cadangan yang tersedia di Lombok / Indonesia.

Penyelenggara Qatar memiliki hak istimewa untuk dapat menyelenggarakan pembuka musim setiap tahun dengan harga yang wajar. Asosiasi Qatar QMMF bahkan telah setuju untuk menjadi tuan rumah Grand Prix kedua setelah 28 Maret. Mereka bahkan ingin mengizinkan penonton, yang bukan ilmu roket pada malam GP di Sirkuit Losail, karena di padang pasir dekat Doha pada hari balapan jarang lebih dari 1.500 penonton muncul.

Pada tahun sebelum Piala Dunia, orang Qatar ingin menunjukkan dengan menyiarkan dua acara MotoGP di seluruh dunia bahwa mereka telah berhasil mengatasi pandemi dan tidak ada yang menghalangi Piala Dunia 2022.

Tempat untuk Grand Prix ketiga telah dipindahkan ke Portimão. Hingga 16.432 infeksi baru dilaporkan setiap hari di Portugal. Oleh karena itu, dipertanyakan apakah penonton diperbolehkan.

Piste di Algarve sangat sibuk di musim semi:
18 April: MotoGP
2 Mei: Formula 1
9 Mei: Kejuaraan Dunia Superbike.

Penyelenggara luar negeri akhirnya harus memberi tahu mitra kontrak Dorna 90 hari sebelum Grand Prix apakah mereka dapat mengadakan Grand Prix pada tanggal yang disepakati atau tidak. Untuk penyelenggara Eropa, batas waktunya adalah 60 hari.

Jadi Anda akan tahu pada bulan Juni atau Juli apakah Motegi, Buriram, Phillip Island dan Sepang bisa dikendarai. Di Australia, karantina 14 hari saat ini berlaku untuk semua pelancong yang datang, termasuk Thailand. Di Sepang bahkan tes MotoGP mulai Februari terpaksa dibatalkan.

Tetapi mereka yang bertanggung jawab atas Dorna sudah mengambil tindakan pencegahan. Sudah ada pembicaraan dengan proyek Spielberg tentang kemungkinan dua Grand Prix di Spielberg pada 8 dan 15 Agustus. Kebetulan, Grand Prix dengan penonton direncanakan di Austria. GP Brno awalnya direncanakan pada 8 Agustus, dan tidak akan berlangsung pada 2021 karena promotor «spolek» telah mengundurkan diri.

Saat ini tidak satupun dari sebelas balapan menjelang GP Austria pada tanggal 15 Agustus tampaknya dalam bahaya. Dan bahkan mungkin Styrian GP akan ditambahkan pada 8 Agustus.

Kalender juga akan mengizinkan akhir pekan GP kedua di Misano, jika, misalnya, Motegi atau Buriram dibatalkan. Akan ada waktu untuk acara kedua di Valencia. Dan GP Portugal kedua pada November juga bisa dibayangkan, bahkan mungkin dengan penonton, yang masih belum pasti untuk 18 April.

Pada Grand Prix 18 hingga 20, Dorna secara finansial dapat mencapai titik impas musim GP 2021 karena pendapatan yang lebih tinggi dari hak TV. Pada tahun 2020, cost recovery point tidak tercapai. Namun kontrak GP dengan FIM berjalan hingga dan termasuk 2041. Tanpa penyakit, Dorna akan segera impas setelah 2021.

Sementara pembuat Formula 1 mengelak tahun lalu karena balapan luar negeri yang dibatalkan ke Istanbul, Imola, Mugello dan Portimão dan bahkan bernegosiasi dengan Hockenheim, Dorna tidak mencari rute baru. Karena Hockenheim dan Imola tidak dihomologasi, Istanbul terlalu bergelombang, Mugello dan Portimão tetap dikendarai.

Secara keseluruhan, Carmelo Ezpeleta melihat ke musim GP mendatang dengan optimisme yang hati-hati. “Meski pandemi belum berakhir dan kami harus memperhitungkan kesulitan, kami sekarang memiliki pengalaman sepanjang tahun lalu,” kata pejabat GP yang berpengaruh dan sukses itu.

“Kami tidak optimis, tapi realistis dan percaya bahwa 2020 tidak akan lebih buruk. Kami punya alasan untuk percaya bahwa situasinya akan segera lebih baik dari tahun lalu. Tujuan utama kami adalah menjalani satu musim dari Maret hingga November. “

This post was last modified on 19 Februari 2021 05:26

Tags: motogp
Rafie Satya Pradipta

Leave a Comment

Recent Posts

Marc Marquez : Di Texas Saya Memikirkan Podium.. Bukan Kemenangan!

RiderTua.com - Marc Marquez bisa merayakan kemenangan pertamanya bersama tim Gresini Ducati jika dia tidak crash beberapa saat setelah memimpin…

20 April 2024

Pengiriman Suzuki Jimny 5-Door Cukup Cepat Meski Inden Beberapa Bulan

RiderTua.com - Suzuki telah menghadirkan Jimny 5-door di Indonesia bulan Februari lalu dan disambut baik di pasarnya. Seperti model 3-door,…

20 April 2024

Toyota Umumkan Recall Prius Karena Ini

RiderTua.com - Toyota Prius masih menjadi salah satu mobil hybrid unggulannya di pasar global. Terlebih setelah modelnya memasuki generasi terbaru…

20 April 2024

BYD dan Mercedes-Benz Siap Hadirkan Mobil Baru di Eropa?

RiderTua.com - BYD sudah dapat mencatatkan hasil penjualan mobil listriknya yang cukup bagus selama ini. Meski demikian, mereka juga melakukan…

20 April 2024

Chery Siapkan Model Omoda Terbaru Lainnya?

RiderTua.com - Kesuksesan Chery dalam menghadirkan Omoda 5 di pasar global menjadi alasan dihadirkan varian listriknya, yaitu Omoda E5. Sejak…

20 April 2024

Alex Rins : Motor Kami Sangat Lamban..!

RiderTua.com - Setelah Suzuki mundur dari MotoGP pada 2022, Alex Rins memutuskan pindah ke tim LCR pada 2023. Ini artinya…

20 April 2024