AISI Pasang Target Penjualan Motor Tahun Ini

0

RiderTua.com – Seperti biasanya AISI (Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia) pasang target penjualan sepeda motor untuk tahun ini. Namun tak seperti biasanya, targetnya tak setinggi yang diperkirakan, mengingat kondisi saat ini belum mendukung. AISI pasang target penjualan motor sebesar 4 juta unit untuk tahun 2021. Memang bukan angka yang sedikit karena penjualannya selalu lebih tinggi ketimbang mobil.

AISI Pasang Target Penjualan Motor Tahun 2021

Biasanya target penjualannya bisa lebih dari itu, entah bisa mencapai 5 atau 6 juta unit per tahunnya. Tapi mengingat kondisi di pasar otomotif belum kondusif dan mendukung penjualan, AISI harus menurunkan target tahun ini hingga 4 juta unit. Ini mungkin target yang cukup besar, tapi karena pasar roda dua cukup besar di Tanah Air, jadi itu sudah wajar.

Tahun 2020 saja malah mencatatkan hasil penjualan dibawah target tahun 2021, dengan 3,6 juta unit motor yang terjual secara domestik. Itupun belum termasuk ekspor sebanyak 700 ribu unit, dan jika ditotal masih melebihi target. Sepertinya AISI yakin mereka mampu mencapai target seperti yang dicapai pada tahun lalu.

AISI pasang target penjualan

Naik Sedikit

Sebenarnya AISI sempat kebingungan saat memilih target penjualan motor di Indonesia pada tahun ini. Tentu saja mengingat kondisi masih belum sepenuhnya membaik, bahkan berpotensi bisa memburuk lagi seperti tahun lalu. Sepertinya produsen harus bersiap menghadapi apapun kondisinya yang sampai sekarang belum stabil.

Walau sempat khawatir, AISI masih menaruh harapan besar pada keadaan pasar roda empat pada tahun 2021. Apalagi dengan banyaknya produk motor yang dirilis di pasar membuat sejumlah segmen kembali ramai oleh konsumen. Cara berjualan juga berubah sedikit walau hampir tak ada bedanya dengan sebelumnya untuk menyesuaikan keadaan.

Semoga saja target pada tahun ini bisa tercapai walau dengan kondisi yang belum menentu. Produsen sepeda motor nampaknya tak bisa berbuat banyak disaat hasil penjualannya mengalami penurunan drastis. Tapi terlepas dari itu, hasilnya masih lumayan bagus dan tetap terjual diatas sejuta unit.

Leave a Reply