Honda Mobil yang Kesulitan Berjualan di Tahun 2020…

0
Target Penjualan Mobil Indonesia
(Foto: Mobil123.com)

RiderTua.com – Kondisi pasar otomotif tahun 2020 lalu menjadi penyebab Honda Mobil yang kesulitan berjualan seperti biasa. Bagaimana tidak, hasil penjualannya yang terjun bebas seakan membuat produsen otomotif ini tak bisa berbuat apapun. Honda Mobil yang kesulitan berjualan masih mampu mengandalkan produk unggulannya, yaitu Brio. Mobil ini terbukti menjadi mobil terlaris se-Indonesia pada tahun 2020.

Honda Mobil yang Kesulitan Masih Mampu Mengandalkan Andalannya

Tahun 2020 mungkin bukan milik Honda Prospect Motor (HPM), dimana penjualannya disebut tak sampai 80 ribu unit. Padahal di tahun 2019 saja mereka bisa menjual hingga hampir 150 ribu unit sepanjang periode tersebut. Ini sudah jelas menunjukkan perbedaan yang begitu jelas, serta ada penurunan cukup besar dalam penjualannya.

HPM mengaku kalau tahun lalu bukanlah tahun terbaik bagi mereka, apalagi bagi produsen otomotif lainnya. Kondisi pasar dan ekonomi yang memburuk, ditambah dengan banyaknya masyarakat yang menunda untuk membeli mobil menjadi penyebabnya. Meski dengan memberikan berbagai diskon menarik, nampaknya itu masih belum cukup untuk memulihkan keadaan.

Honda Mobil yang kesulitan

Kondisi Terpuruk

Walau dalam kondisi terpuruk sekalipun, HPM masih mampu mencatatkan hasil terbaik dari sejumlah produk unggulannya. Seperti Brio yang terjual sebanyak 43.021 unit dan menyumbangkan sebagian besar penjualan mobil Honda pada tahun 2020. Bahkan dengan ini Brio sanggup mengungguli juara bertahan, Toyota Avanza, dan merebut gelar mobil terlaris se-Indonesia.

Ada juga HR-V 1.5L yang terjual jauh lebih sedikit ketimbang Brio, yaitu mencapai 11.936 unit saja. Lalu LMPV Mobilio, hatchback Jazz, serta SUV CR-V masing-masing terjual sebanyak 6.889 unit, 6.533 unit, dan 5.759 unit. Sisanya ‘disumbangkan’ dari model Honda lainnya, seperti BR-V sebanyak 2.289 unit, Civic Hatchback 1.053 unit, HR-V 1.8L 917 unit, Civic Sedan 44 unit, Accord 248 unit, City 235 unit, Odyssey 120 unit dan Civic Type R 7 unit.

Tahun ini HPM akan semakin serius dalam meningkatkan penjualannya di Tanah Air. Mereka juga akan kembali meluncurkan produk baru sejak mengenalkan Civic Hatchback hampir setahun yang lalu. Saudaranya, City Hatchback, disebut-sebut akan hadir tahun ini untuk menggantikan posisi Jazz.

Leave a Reply