Kick Off MotoGP 2021 dan Jadwal Tes Tambahan GP Qatar

0
Jadwal Tes Qatar Lengkap

RiderTua.com – Kick off MotoGP 2021 dan jadwal tes tambahan MotoGP Qatar. Setelah kemarin diajukan, kini secara resmi diumumkan jadwal tes MotoGP 2021. Promotor MotoGP Dorna baru saja mempublikasikan jadwal baru tes pramusim 2021 untuk kelas premier, setelah tes di Sepang dibatalkan sebelumnya. Ada kemungkinan bahwa seri pembuka musim, yang dijadwalkan pada 28 Maret di Qatar, akan dimajukan seminggu untuk menghindari bentrok dengan balapan F1 pertama musim ini di Bahrein. Dua seri Qatar berturut-turut akan membuat kalender kembali menjadi 19 balapan, dengan penambahan balapan di Portimao.. Namun, belum ada yang pasti, dan semuanya masih bisa berubah. Seperti tahun lalu, situasinya berubah hampir setiap hari.

Kick Off MotoGP 2021 dan Jadwal Tes Tambahan GP Qatar

Setelah pembatalan tes MotoGP di Sepang, pada Kamis (14/1) tim dan pabrikan beserta pihak Dorna dan IRTA membahas kalender persiapan musim dalam pertemuan secara online.

Hasilnya seperti yang diharapkan banyak pihak, tes shakedown akan dipindahkan ke Sirkuit Internasional Losail, tetapi akan dipersingkat menjadi hanya 1 hari. Yakni hanya pada tanggal 5 Maret, dan hanya test rider dan rookie (Jorge Martin, Luca Marini dan Enea Bastianini) yang diperbolehkan melaju di lintasan.

Kehilangan sesi tes pra musim berarti lebih sedikit waktu bagi pemula (Rookie) MotoGP untuk menyesuaikan diri dengan kelas baru 1000cc, dan lebih sedikit waktu lintasan untuk mengumpulkan data untuk musim mendatang.

Untuk mengatasi masalah ini, Dorna dan IRTA mengumumkan bahwa akan ada tes tambahan di Qatar pada awal Maret. Selain tes awal yang dijadwalkan pada 10-12 Maret, akan ada tiga hari tes lagi, lima hari sebelumnya.

Tes Qatar yang rencananya digelar mulai 10 hingga 12 Maret 2021, akan tetap dipertahankan. Selain itu, kekhawatiran tim yang tidak memiliki pembalap pendatang baru, terjawab sudah. Karena akan ada tes resmi tambahan selama 2 hari untuk semua pembalap MotoGP, pada 6 dan 7 Maret.

Sejauh ini belum ada konfirmasi mengenai kemungkinan penundaan dimulainya Kejuaraan Dunia (saat ini direncanakan pada 28 Maret 2021).

Tes musim dingin yang direncanakan untuk kelas MotoGP (per 14 Januari 2021)

Shakedown tes di Qatar: 5 Maret (untuk test rider dan pemula saja)
Tes resmi di Qatar: 6 dan 7 Maret
Tes resmi di Qatar: 10-12 Maret

Leave a Reply