Categories: MotoGP

Danilo Petrucci: Konstruksi Ban Baru Bikin Ducati Pusing

RiderTua.com – Danilo Petrucci: Konstruksi ban baru Michelin bikin Ducati pusing… Pembalap berusia 30 tahun itu mencapai puncak dengan kemenangan di MotoGP Le Mans musim 2020. Tetapi setelah mengalami kecelakaan parah GP Jerez dan masalah ban, penampilannya menjadi ambyar.

Danilo Petrucci: Konstruksi Ban Baru Bikin Ducati Pusing

Pembalap Ducati itu memenangkan GP Prancis di Le Mans dengan cara yang luar biasa, tetapi pada akhir musim dia hanya berhasil menempati peringkat ke-12 Dunia.

Pada 2021, pemenang MotoGP dua kali itu akan bergabung dengan tim Tech3-KTM. Setelah 6 tahun bersama Ducati (4 tahun bersama Pramac, 2 tahun di tim pabrikan) akan mengambil tantangan baru, sebagai rekan setim Iker Lecuona yang masih berusia 20 tahun.

Musim 2020 Masa Tersulit

Danilo hanya berhasil 7 kali masuk 10 besar dalam 14 balapan di musim MotoGP 2020. Apakah itu berarti dia gagal memenuhi harapannya sendiri?… “Saya tidak memiliki target yang jelas sebelum awal musim. Tapi saya sadar, saya harus memaksimalkan kemampuan saya. Saya butuh itu. Tentu, tahun 2020 adalah musim yang sangat aneh.”

“Namun, saya mengharapkan lebih banyak konsistensi dari diri saya. Namun pada awalnya sangat sulit untuk memahami perbedaan antara ban belakang Michelin tahun lalu dan yang baru.”

Konstruksi ban baru ini bikin Ducati pusing saat tes Sepang pada Februari lalu. Petrux melanjutkan, “Ya, itu benar-benar kejutan. Sebab di penghujung musim 2019 kami masih menjalani dua kali tes selama 2 hari di Valencia dan Jerez. Tapi di Valencia saya absen karena bahu kiri saya.”

Danilo Petrucci: Konstruksi Ban Baru Bikin Ducati Pusing

Ban Membuat Cara Pengereman Berubah

“Itu sebabnya, kami baru menemukan masalah pada konstruksi ban belakang baru, saat di Sepang. Sangat sulit untuk dikelola. Kami kemudian bekarja pada engine brake ( rem mesin ) di tes Malaysia pada bulan Februari untuk membuat kemajuan.”

“Situasinya sedikit lebih baik saat tes MotoGP Qatar. Tapi di balapan awal musim di Jerez kami terus mencoba mengatasi masalah dengan menyesuaikan rem mesin. Kami mungkin kurang fokus pada sasis.”

“Saya biasanya membebani ban belakang saat melakukan pengereman. Tapi itu tidak mungkin dengan konstruksi tahun ini. Saya harus mengubah cara pengereman saya. Setelah itu, selalu sulit untuk memaksimalkan ban dan motor dalam satu putaran cepat. Ada beberapa balapan berat yang akan datang. Bagaimanapun, kecepatan balapan saya selalu lebih baik daripada performa kualifikasi saya.”

“Baru pada tes Misano di bulan September, kami membuat kemajuan saat kami memodifikasi set-up Ducati. Saya kemudian menggunakan jok yang lebih rendah. Itu sudah membantu saya di Barcelona. Ini memungkinkan untuk memenangkan Le Mans. Karena kami hanya menjalani satu kali tes di Misano selama musim di antara banyak balapan, masalahnya tidak mudah dipecahkan.”

This post was last modified on 22 Desember 2020 16:19

Rafie Satya Pradipta

Leave a Comment

Recent Posts

Yamaha Bolt R-Spec : Motor Bobber Baru yang Harganya Rp 140 Jutaan

RiderTua.com - Motor bobber yang punya ciri khas tersendiri, kini Yamaha meluncurkan Bolt R-Spec yang dapat model baru tahun 2024.…

23 April 2024

Honda Catatkan Hasil Penjualan Mobil yang Bagus Bulan Lalu

RiderTua.com - Honda mungkin juga mengalami perlambatan penjualan mobil di Indonesia sepanjang kuartal pertama tahun ini. Tapi setidaknya hasil yang…

23 April 2024

BYD akan Merilis Pikap D-Cab Terbarunya Minggu Ini

RiderTua.com - BYD telah dikenal dengan mobil listriknya di pasar global, dari hatchback, sedan, sampai SUV telah dijualnya. Namun hanya…

23 April 2024

Chery akan Hadirkan MPV Terbaru Melalui Exeed

RiderTua.com - Chery memang dikenal dengan sejumlah model yang dijualnya di pasar. Meski mereka juga memiliki merek mobil lainnya, salah…

23 April 2024

5 Tim MotoGP Ini Bisa Mengalami Perubahan Besar di 2025

RiderTua.com - Dengan hanya 6 pembalap yang dipastikan berada di grid MotoGP 2025 sejauh ini dan 3 tim satelit yang…

23 April 2024

Toyota Avanza Masih Pimpin Segmen LMPV Meski Penjualan Menurun

RiderTua.com - Toyota masih membuktikan sebagai pemimpin penjualan mobil di Indonesia. Tak terkecuali di segmen low MPV, dimana Avanza tetap…

23 April 2024