Categories: MotoGP

Joan Mir Gunakan GSX-RR yang 80 Persen Berubah!

RiderTua.com – Joan Mir gunakan GSX-RR yang sudah 80 persen berubah dibandingkan tahun lalu.. Kepala kru Joan Mir berujar bahwa 80 persen motor sudah berubah… Frankie Carchedi mengungkapkan rencana itu disiapkan selama 2 tahun sebelum menuju gelar MotoGP 2020. “Langkah perubahan pada motor lebih besar dari yang orang pikirkan,” katanya.

Joan Mir Gunakan GSX-RR yang 80 Persen Berubah!

Joan Mir Gunakan GSX-RR yang 80 Persen Berubah!

Seperti Joan Mir, kepala kru Frankie Carchedi bergabung dengan tim pabrikan Suzuki pada akhir 2018. Di musim keduanya di MotoGP, pembalap asal Mallorcan itu berhasil memenangkan gelar.

Mengenai ‘penyatuan’ motor dan pembalapnya, Carchedi memuji perasaan hebat yang dirasakan pembalap, terutama saat fase pengereman. Mengenai latar belakang performa yang kuat, dia menekankan, “Perubahan yang dilakukan dengan motor mungkin lebih besar dari yang dibayangkan orang.”

“Itu bukanlah sesuatu yang terjadi dalam setahun. Kami sudah memiliki rencana itu 2 tahun lalu, dan kami benar-benar memberi waktu Joan 6 bulan, tahun lalu. Di mana dia pada dasarnya mengendarai motor yang sama,” ungkap Carchedi, tentang musim rookie dari Mir.

“Setelah itu, kami melakukan banyak perubahan setiap akhir pekan sehingga dia bisa memahami apa yang bisa dilakukan dengan motornya. Itu juga berlaku untuk saya, karena saya tidak punya pengalaman dengan motor ini. Jadi saya ingin melihat apa yang mungkin juga terjadi,” tambah Carchedi.

Joan Mir Gunakan GSX-RR yang 80 Persen Berubah!

Ergonomi Motor

Langkah penting lainnya adalah masalah ergonomi. “Kami kemudian mulai mengubah posisi berkendaranya. Karena dia tidak mengeluh sekali pun. Tetapi ketika dia mencoba sesuatu, itu langsung menjadi ‘wow’. Kami sekarang berada dalam kisaran dua digit dalam hal posisi pembalap dari ketinggian tempat duduk hingga setang hingga sandaran kaki.”

“Kami menggunakan (dasar ergonomi) tahun lalu untuk menemukan penyiapan yang optimal. Kalaupun masih ada yang diubah, tentunya. Pendekatan Suzuki adalah memulai dari bagian terakhir yang Anda tinggalkan. Dan kami melakukannya selama musim dingin. Sejak saat itu, kami hanya mengembangkan motor satu per satu,” rangkum Kepala Teknisi itu.

Hal ini terutama terlihat pada balapan ganda di Sirkuit Ricardo Tormo. Di mana uji coba pertama dengan GSX-RR untuk musim 2020, berlangsung pada 19 dan 20 November 2019.

“Kami mampu mengembangkan motor ‘baru’, yang kami uji di Valencia 12 bulan lalu, dibandingkan dengan yang kami lakukan sekarang. Sekitar 80 persen di antaranya berbeda. Benar-benar banyak berubah,” kata Carchedi.

This post was last modified on 4 Desember 2020 15:46

Rafie Satya Pradipta

Leave a Comment

Recent Posts

Penjualan Mobil Hybrid Suzuki Catatkan Hasil yang Positif

RiderTua.com - Suzuki telah mencatatkan hasil penjualan mobil yang cukup bagus selama bulan Maret 2024 di Indonesia. Tercatat ada kenaikan…

27 April 2024

Toyota Hadirkan Dua Mobil Listrik Terbarunya!

RiderTua.com - Toyota kini memiliki sejumlah mobil listrik yang dijualnya di pasar global. Salah satunya bZ4X yang menjadi andalannya di…

27 April 2024

Toyota Alphard Kini Lebih Irit Bahan Bakar Dengan Teknologi Hybrid

RiderTua.com - Mobil hybrid Toyota di Indonesia kini cukup banyak modelnya dan dijual dalam harga yang bervariasi pula. Kebanyakan modelnya…

27 April 2024

Jorge Martin : Motor Tidak Ada Getaran!

RiderTua.com - Meski berada di posisi ke-5 dalam timesheet pada latihan hari Jumat di Jerez, Jorge Martin merasa dirinya jauh…

27 April 2024

Chery Tingkatkan Kapasitas Produksi Omoda E5!

RiderTua.com - Penjualan mobil Chery selama beberapa bulan terakhir di Indonesia masih cukup bagus. Terlebih bagi mobil listrik terbarunya, Omoda…

27 April 2024

Dua Motor Ducati Baru yang Segera Meluncur di Indonesia!

RiderTua.com - Seperti yang kita tau, Ducati punya pilihan model yang cukup fantastis dan desainnya keren-keren. Nanti pada tanggal 3-5…

27 April 2024