Produsen Mobil di Indonesia Siap Rakit Mobil Listrik!

RiderTua.com – Tak lama lagi sejumlah produsen mobil di Indonesia bakal memproduksi kendaraan listrik alias EV secara lokal. Nampaknya era elektrifikasi di Tanah Air sudah mulai digeluti dengan serius, setelah tertinggal dari negara lain. Produsen mobil di Indonesia sudah menyiapkan mobil listrik untuk dijual suatu saat nanti. Memang bukan sekarang, tapi ketika ‘waktunya sudah tiba’.

Produsen Mobil di Indonesia Menyiapkan Mobil Listrik

Sebenarnya rencana produksi mobil listrik secara lokal sudah lama diimpikan oleh produsen di Indonesia. Namun ada banyak kendala yang dihadapi selama beberapa tahun terakhir, seperti kurangnya infrastruktur pendukung sampai insentif. Di luar negeri, insentif khusus kendaraan listrik diberikan untuk memberikan kemudahan dalam berjualan mobil.

Memang di Indonesia belum ada insentif, tapi sudah ada produsen yang sudah mulai berjualan mobil listrik atau EV. Seperti Hyundai yang menawarkan dua model EV andalannya, yaitu Ioniq dan Kona EV. Walau nyatanya masih ada model EV lainnya yang dijual di Tanah Air, hanya saja masih dijual cukup mahal hingga tembus Rp 1 miliar.

Produsen mobil di Indonesia

Menyusul Setelahnya

Bahkan merek asal Korea Selatan ini langsung membangun pabriknya di Tanah Air dan rencananya bisa beroperasi penuh pada tahun 2022 mendatang. Mereka akan merakit sejumlah model listrik lainnya, tak hanya Kona EV maupun Ioniq. Artinya Hyundai masih punya produk baru untuk dikenalkan pada tahun-tahun yang akan datang.

Tak hanya Hyundai yang mempersiapkan mobil listrik terbaru, masih ada enam produsen lainnya yang juga sudah siap. Seperti Mitsubishi, Toyota, Suzuki, Honda, Daihatsu, sampai Wuling. Toyota sendiri dijadwalkan akan menghadirkan produk EV pertamanya, walau berupa model merek Lexus. Tapi itu akan menjadi awal baru bagi produsen terlaris di Tanah Air ini.

Tentu saja tak hanya EV yang akan dijual di Indonesia, tetapi juga model lain seperti hybrid hingga PHEV. Bahkan Toyota sendiri sempat berpikir untuk mendatangkan mobil hidrogen fuel cell, Mirai. Meski pelaksanannya belum bisa dilakukan sekarang, ini bisa menunjukkan kalau produsen otomotif di Tanah Air sudah mulai serius soal elektrifikasi.

Be the first to comment

Leave a Reply