Yamaha Membuktikan Betapa Andal Mesinnya! Gak Percaya?

Yamaha Membuktikan Betapa andal Mesinnya
Yamaha Membuktikan Betapa andal Mesinnya

RiderTua.com – Citra buruk awal musim dijawab dengan keandalan mesin M1.. Kontroversi seputar valve mesin M1 di awal musim justru membuat Yamaha bisa membuktikan betapa andal mesinnya. Kata kuncinya adalah Franco Morbidelli dan mesin yang dipakainya. Pada hari Minggu, Morbidelli secepat kilat mengalahkan Ducati GP20 yang dipakai Jack Miller menggunakan mesin YZR-M1 yang menempuh jarak sekitar 2.575 km (hampir dua kali lipat dari batas jarak tempuh kemampuan mesin biasanya). Dia sudah memakai mesin itu di San Marino, Emilia Romagna, Catalunya, Aragon, Teruel dan GP Eropa (Valencia-1). Morbidelli telah mencapai ketiga kemenangannya dengan motor paling lambat di grid.. Tidak ada yang tahu pasti, tapi ini pasti mesin terlama masa pakainya (jarak tempuhnya) yang bisa memenangi balapan di era MotoGP empat tak…!

Yamaha Membuktikan Betapa Andal Mesinnya!

“Franco adalah pembalap tercepat di MotoGP. Dia adalah pembalap Yamaha yang dalam kondisi terbaik”.. Keberhasilan Morbidelli di Valencia adalah keajaiban kecil dari jarak tempuh mesin. Karena dia turun dengan dua sisa mesin dari lima mesin terakhirnya sejak Brno pada bulan Agustus. Dia jelas tidak diizinkan untuk menggunakan sisa mesin lainnya (salah satu dari dua yang tersisa saat ini). Karena dilengkapi dengan klep (Valve) yang salah, dan dia kehilangan mesin yang keempat selama balapan kedua di Jerez.

Melihat fakta bahwa Maverick Vinales harus menarik mesin keempatnya – dengan jarak 2414 km pada balapan pertama di Valencia. Maka akan menjadi keajaiban yang lebih besar jika Morbidelli berhasil melewati final musim Portimao akhir pekan depan, tanpa membuka mesin keenam dan terkena penalti pit-lane-start.

Yamaha Membuktikan Betapa Andal Mesinnya

Motor Paling Lambat

Hebatnya, Morbidelli telah mencapai ketiga kemenangannya dengan motor paling lambat di grid. Dia menggunakan mesin dengan rpm (putaran mesin) yang lebih rendah dengan tujuan lebih menghemat mesinnya yang semakin lelah. Yang membuat M1-nya menjadi sangat lambat 11,3 km per jam lebih lambat daripada speed 332 kpj motor Ducati Miller.

Morbidelli memang sangat mengesankan, dia tidak membiarkan apa pun mengganggu dia. Dia hanya fokus pada hal-hal yang ada dalam kendalinya, yang kemarin mengatur kecepatan super cepat dan merebut kembali keunggulan atas Miller dengan gerakan cerdik di lap terakhir yang berani di tikungan Lima.

Yamaha Membuktikan Betapa Andal Mesinnya

Sekali lagi Morbido hanya punya 2 mesin yang masih ‘hidup‘ ( 1 dengan valve ilegal / non homolog, yang dicekal dan tidak boleh dipakai).. Dan kini tinggal satu dengan jarak tempuh yang mengerikan… Jika dengan mesin ini dia bisa mendapat poin di seri terakhir Protugal. Maka mesin M1 yang dipakai Morbidelli akan memecahkan rekor mesin paling andal di lintasan…

2 Comments

Leave a Reply