Mazdaspeed yang Kini Terlupakan, Takkan Kembali Lagi?

mazda miata mx-5 2017
(foto: Mazda USA) mazda miata mx-5 2017

RiderTua.com – Tak banyak yang tahu kalau varian Mazdaspeed yang kini terlupakan selama beberapa tahun terakhir. Padahal varian terkencang dari Mazda ini cukup terkenal karena menawarkan berbagai varian sport untuk sejumlah mobilnya. Mazdaspeed yang kini terlupakan kemungkinan takkan dihadirkan kembali dalam waktu dekat. Mengingat Mazda sendiri ingin fokus membuat mobil entry level.

Mazdaspeed yang Kini Terlupakan Takkan Dihadirkan Kembali

Varian ini sudah dikenal luas oleh konsumennya sebagai varian terkencang dari Mazda. Model tersebut pertama kali diluncurkan pada tahun 1967 silam, dan sebelumnya dikembangkan oleh Mazda Sports Corner. Namun sejak tahun 1999, perusahaan induk Mazda mengambil alih kepemilikan Mazdaspeed dan baru menjual produk varian ini empat tahun setelahnya.

Model pertama tersebut adalah Mazdaspeed Protege dan hanya dijual di Amerika Utara saja. Kemudian setahun setelah Protega diluncurkan, giliran Mazdaspeed MX-5 Miata yang baru bisa dijual di seluruh dunia, jadi tak lagi hadir eksklusif di Amerika Serikat dan sekitarnya. Mazdaspeed6 dan Mazdaspeed3 dirilis pada tahun 2006 dan 2007, dan itu terakhir kali divisi sport ini terpantau membuat mobilnya sendiri.

Mazdaspeed yang kini terlupakan

Ada Penerusnya?

Sampai sekarang Mazdaspeed sudah tak terlihat meluncurkan produk terbarunya lagi, dan itu menimbulkan pertanyaan dari pecintanya. Mazda akhirnya buka suara dan mengaku kalau mereka terpaksa meninggalkan divisi tersebut. Mereka tak lagi ingin bersaing dengan merek lainnya seperti Toyota dalam mengeluarkan produk berperforma kencang.

Mazda kini fokus membuat mobil entry level serta premium yang tengah ngetren di pasar roda empat. Walaupun takkan kembali lagi, tapi masih ada model lamanya yang bertahan. Salah satu diantaranya yaitu MX-5 Miata yang kini tak lagi menggunakan nama Mazdaspeed, meski disebut sebagai penerusnya model lamanya. Kemudian Mazda2 dan Mazda3 yang juga bertahan sampai sekarang tanpa embel-embel Mazdaspeed.

Walau Mazdaspeed sudah dilupakan, tapi dengan adanya tiga modelnya yang masih bertahan, artinya Mazda masih tak sepenuhnya meninggalkannya. Baik Mazda2, Mazda3, dan MX-5 Miata tetap dihadirkan untuk membuat konsumen setianya dan meneruskan ‘tradisi’ dari Mazdaspeed.

Be the first to comment

Leave a Reply