7 Merek Mobil yang Hengkang Dari Indonesia, Siapa Saja?

RiderTua.com – Sudah ada tujuh merek mobil yang hengkang dari Indonesia karena berbagai alasan. Entah itu disebabkan dari masalah internal ataupun kalah saing dengan merek lainnya. Merek mobil yang hengkang tersebut padahal pernah merasakan masa kejayaannya di Indonesia. Tapi tak ayal, persaingan yang ketat memaksanya untuk meninggalkan pasar otomotif Tanah Air.

Merek Mobil yang Hengkang Pernah Merasakan Masa Kejayaannya

Merek mobil yang pernah sukses di Indonesia salah satunya Datsun, dimana merek ini mampu mengenalkan sejumlah produk LCGC yang berkualitas. Termasuk divisi Nissan lainnya, yaitu Infiniti, dengan menghadirkan produk kelas atas. Sayangnya keduanya harus mundur dari Tanah Air akibat dari dampak restrukturisasi oleh Nissan.

Ford yang sempat masuk ke Indonesia sejak tahun 2000 silam juga pernah terkenal dengan produk unggulannya, sebelum di tahun 2016 merek ini mengibarkan bendera putih karena keputusan prinsipal. Meskipun pernah ada kabar kalau Ford bakal kembali berjualan, tapi hingga kini belum juga terwujud. Kabarnya mereka akan menghadirkan Ranger model terbaru.

Merek mobil yang hengkang dari Indonesia

Merek Legendaris

Selanjutnya ada Opel, yang dikenal luas di Indonesia sejak tahun 90-an lewat model Blazer. Sejak merek ini harus mundur dari pasar, General Motors (GM) mengandalkan Chevrolet dengan sejumlah produknya seperti Spin dan Trailblazer. Tapi Chevy harus merasakan nasib serupa dengan Opel pada bulan Maret 2020 lalu dengan alasan yang sama: persaingan bisnis.

Subaru sempat menjadi sorotan di Indonesia beberapa tahun silam karena merek ini membawakan mobil 4WD bermesin boxer. Tapi merek yang terkenal akan model Impreza dan Exiga ini berhenti jualan karena masalah pemalsuan data pajak, sehingga asetnya disita semua. Agaknya Subaru yang menjadi satu-satunya merek yang tersandung kasus sehingga harus berhenti jualan, tak seperti merek sebelumnya.

Bagaiman dengan Nissan? Tentu merek ini tak sepenuhnya hengkang walau pabriknya di Purwarkarta ditutup akibat restrukturisasi. Nissan masih terus berjualan di Indonesia, meskipun tanpa adanya Datsun dan Infiniti.

Be the first to comment

Leave a Reply