Dingin Tak Cocok untuk KTM, Dani Tak Lakukan Tes

Mike Leitner: Dingin Tak Cocok untuk KTM, Dani Tak Lakukan Tes
Mike Leitner: Dingin Tak Cocok untuk KTM, Dani Tak Lakukan Tes

RiderTua.com – Mike Leitner: Suhu dingin tak cocok untuk KTM… Red Bull KTM tidak masuk 10 besar di MotoGP Aragon. Dani Pedrosa juga tak lakukan tes di Aragon.. Sejauh ini, hanya di GP Barcelona saja mereka mengalami kesulitan. Manajer balapan itu telah menganalisis masalah tersebut. Dan yang bikin performa motor tak maksimal tak lain karena faktor cuaca. “Suhu permukaan 20 derajat terlalu rendah untuk motor kami,” ujar salah satu rider KTM..

Mike Leitner (KTM): Suhu Dingin Tak Cocok dengan Motor Kami

Empat pembalap KTM Red Bull yakni Brad Binder, Pol Espargaro, Iker Lecuona, dan Miguel Oliveira hanya menempati posisi 11, 12, 14, dan 16 di MotoGP Aragon. Suzuki dan KTM bertukar tempat lagi di kejuaraan konstruktor. KTM kini berada di urutan ke-4 di depan Honda dan Aprilia, turun setelah 10 seri dari 14 balapan musim 2020 ini.

Mike Leithner
Mike Leitner

Mike Leitner, Manajer Balap MotoGP KTM, telah meneliti yang menjadi pangkal penyebabnya. Dan berhasil menemukan penjelasan atas performa buruk para pembalap KTM RC16 tersebut. Usai balapan, Miguel Oliveira mengatakan, “Suhu permukaan 20 derajat terlalu rendah untuk motor kami.”

Pol Espargaro selalu menempati urutan ke-7 dan ke-8 dalam tiga sesi latihan bebas, bahkan di FP4 dia berhasil menempati urutan ke-4. Dia finis di urutan ke-10 dalam pemanasan. Saat Mike Leitner ditanya, ‘Apakah Anda tidak terkejut dengan performa balapan yang buruk?’

Dia menjawab dengan gamblang, “Kami tidak bisa menaikkan level motor kami dalam dua sesi latihan. Jadi kita bisa mengatakan, bahwa kita kesulitan untuk hasil yang sangat bagus dalam balapan.

“Dua atau tiga lap pertama sangat menentukan untuk balapan. Seandainya Brad Binder atau Pol Espargaro berada di grup dengan Dovi, mereka akan membalap bersamanya sepanjang balapan. Catatan waktu kami akan memungkinkan itu.”

Mike Leitner: Dingin Tak Cocok untuk KTM, Dani Tak Lakukan Tes
Mike Leitner: Dingin Tak Cocok untuk KTM, Dani Tak Lakukan Tes

Balapan yang Aneh

“Tapi start dari baris keempat tidak bagus untuk Pol, dia terjebak dan kehilangan dua tempat. Kemudian kita berada dalam kemacetan kelompok pembalap. Dan kami tidak memiliki motor yang dapat kami gunakan untuk menyalip lawan dan membuat posisi yang nyata.”

“Kami memiliki pembalap yang finis di urutan ke-6 atau ke-7. Tetapi jika Anda 3 hingga 4 detik di belakang lawan dengan KTM, permainan selesai. Semua pembalap melaju kencang, sungguh balapan yang aneh. Tapi itu tidak bisa diabaikan. Kami tidak puas dengan performa motor kami di balapan Aragon pertama.”

“Pol Espargaro start dari posisi ke-12 dan melewati garis finis di urutan ke-12. Alex Rins dan Alex Marquez bersaing dari posisi start 10 dan 11 melesat ke posisi 1 dan 2. Ya, mereka jelas memiliki perangkat yang jauh lebih baik dan pengaturan yang lebih baik daripada kami.”

Dani Tak lakukan Tes di Aragon

KTM ingin menguji semua trek MotoGP sebanyak mungkin. Ketika ditanya, apakah Anda melakukan tes dengan Dani Pedrosa di Aragon? Apakah saat itu cuaca masih terlalu hangat? Dia menjawab, “Tidak, Dani tidak pernah mengendarai di Aragon pada tahun 2020.”

Miguel Oliveira mengatakan bahwa pada hari Minggu, suhu trek 20 derajat terlalu dingin untuk KTM. Apakah Anda setuju dengan pendapatnya
“Ya, suhu yang lebih hangat pasti akan membantu kami. Tapi MotoGP bukanlah permintaan konser. Sama hangatnya atau sama dinginnya untuk setiap tim dan setiap pembalap. Kami tidak punya setup benar kali ini untuk kondisi trek yang ada,” pungkasnya.

Be the first to comment

Leave a Reply