Rencana Besar Tesla di Indonesia: Membangun Pabrik?

RiderTua.com – Kabar rencana besar Tesla di Indonesia mulai muncul ke permukaan. Sepertinya merek mobil listrik ini mulai tertarik untuk mengembangkan bisnisnya disini, mengingat salah satu wilayah di Sulawesi memiliki sumber daya nikel. Rencana besar Tesla di Indonesia meliputi pendirian pabrik produksi, entah itu mobil atau baterainya saja. Walau pihak Tesla maupun pemerintah tak mau berkomentar soal itu.

Baca juga: Tesla Siapkan Mobil Listrik Murah, Tapi…

Rencana Besar Tesla di Indonesia Meliputi Pendirian Pabrik

Belakangan ini Tesla memang melakukan ekspansi besar-besaran setelah sukses dengan hasil penjualannya yang sangat tinggi. Mereka bahkan sudah membuka pabrik di Negeri Tirai Bambu untuk memenuhi permintaan disana. Meskipun sempat terhalang oleh perang dagang yang terjadi beberapa bulan lalu.

Terlebih perusahaan besutan Elon Musk dkk ini harus menghadapi kondisi pasar yang tak menentu selama tahun 2020. Walau begitu, Tesla yang ‘tahan banting’ masih punya banyak rencana untuk memperluas jaringannya di seluruh dunia. Indonesia dikabarkan menjadi tujuan pasar yang berpotensi tinggi bagi Tesla, karena adanya sumber daya nikel yang menjadi bahan baku baterai mobil listrik.

Rencana besar Tesla di Indonesia
(Foto: AntaraNews.com)

Produksi Baterai Mobil

Kabar ini mencuat setelah pemerintah Indonesia berunding dengan pihak Tesla soal tanam investasi mobil listrik. Katanya mereka tertarik untuk membangun pabrik produksi baterai mobil karena bahan nikel di Morowali, Sulawesi Tengah, cukup banyak disana. Sepertinya itu akan menjadi bahan pembicaraan yang menarik karena pada akhirnya Indonesia bisa membuat baterai sendiri.

Memang karena baterai menjadi komponen mobil listrik paling mahal, tapi itu bisa disiasati dengan insentif khusus dari pemerintah setempat. Berhubung Indonesia belum menerapkannya, sepertinya ini akan menjadi kesempatan emas bagi Tesla. Namun merek tersebut harus berlomba dengan merek mobil lainnya yang juga ingin membangun pabrik baterai mobil disana.

Meskipun begitu, sebenarnya ini masih tahap awal dari perundingan antara pemerintah dengan Tesla, selebihnya akan dibahas lagi untuk waktu mendatang. Jadi jangan terburu-buru berharap Tesla bisa langsung membangun pabriknya di Tanah Air, itu semua juga butuh waktu. Apalagi dengan insentif kendaraan ramah lingkungan yang belum juga diterapkan hingga sekarang, perkembangan segmennya masih tak sebagus mobil konvensional.

Be the first to comment

Leave a Reply