Sirkuit Le Mans Pernah di Tutup Karena Alberto Puig

Sirkuit Le Mans Pernah di Tutup Karena Alberto Puig
Sirkuit Le Mans Pernah di Tutup Karena Alberto Puig

RiderTua.com – Bicara tentang trek Minggu ini.. Sirkuit Le Mans pernah di tutup untuk gelaran MotoGP karena Alberto Puig mengalami crash mengerikan. Puig jatuh saat melaju dengan kecepatan 283 km / jam. Kaki kirinya menembus pelindung, menembus pagar udara, menabrak beton.. Pada musim 1995, setelah meraih kemenangan pertamanya dan satu-satunya dalam sebuah balapan. Dia menjadi korban kecelakaan di GP Prancis. Yang hampir membuatnya kehilangan nyawanya dan menyebabkan penutupan seri Le Mans dari 1995 hingga tahun 2000.

Sirkuit Le Mans Pernah di Tutup Karena Alberto Puig

Sirkuit Bugatti ini terletak 5 km di selatan Le Mans (Prancis).. Dibangun pada tahun 1965, dan mulai menjadi penyelenggara MotoGP Prancis empat tahun kemudian, sambil bergantian dengan trek lain. Pada tahun 1995 trek ini dihapus dari kalender balap MotoGP setelah kecelakaan serius Alberto Puig. Dan kembali ke posisi permanen pada tahun 2000 setelah berbagai pekerjaan yang diperbaiki untuk meningkatkan keselamatan.

Total panjang lintasan saat ini adalah 4185 meter, dengan 5 tikungan kiri, 9 tikungan kanan. Dan trek lurus utama sepanjang 674 meter. Sejak 2012, Le Mans di dominasi oleh para pembalap Spanyol di MotoGP.. Dengan Jorge Lorenzo (3 kemenangan), Marc Márquez (3 kali), Dani Pedrosa (1 kali), Maverick Vinales (1 kali).

Puig mengalami musim balap terbaiknya pada tahun 1994, saat dia finis di posisi kelima di kelas 500cc. Pada tahun 1995, Puig menjadi pembalap Spanyol pertama yang memenangkan Balapan GP 500cc di negara asalnya ketika ia memenangkan GP Spanyol 1995. Dia kemudian mencetak dua podium lagi untuk menempatkan dirinya di peringkat ketiga dalam klasemen, sebelum dia jatuh parah saat latihan di GP Prancis Le Mans 1995 dan patah kaki kirinya, mengakhiri musim balapnya sebelum waktunya. Dia kembali balapan pada tahun 1996 tetapi cederanya menghambat kemajuannya dan dia memutuskan untuk pensiun pada akhir musim 1997 pada usia 30 tahun.

Be the first to comment

Leave a Reply