Perkembangan KTM di MotoGP yang Dikagumi Dovizioso

Perkembangan KTM di MotoGP yang Dikagumi Dovizioso
Perkembangan KTM di MotoGP yang Dikagumi Dovizioso

RiderTua.com – Perkembangan KTM di MotoGP yang dikagumi Dovizioso.. Mungkin banyak yang tak menduga kalau KTM mampu berkembang pesat selama seri MotoGP belakangan ini. Awalnya tim ini kewalahan hadapi tim lainnya. Tapi kini dengan perkembangan motornya yang meningkat drastis membuat daya saingnya tidak bisa diremehkan. Sesuatu yang sudah diamati oleh Andrea Dovizioso, sekaligus membuatnya kagum akan peningkatan KTM. Karena tak biasanya tim tersebut langsung menunjukkan perkembangan yang begitu signifikan. Bahkan dalam klasemen konstruktor 2020, mesin KTM menempati peringkat ke-4 menempel ketat Suzuki dengan selisih hanya -4 (empat) poin saja..

Dovizioso yang Kagum akan Perkembangan KTM

Apakah Pindah ke Honda Sebuah Kesalahan Pol Espargaro

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, banyak yang tak menyangka kalau KTM mampu berkembang sampai sejauh itu. Dari sebelumnya yang sempat tertinggal jauh dari tim pabrikan lainnya kini memunculkan performa sesungguhnya. Terbukti dari performa empat pembalap KTM yang mampu memberikan performa lebih dari ekspetasi.

Dovi yang sudah lama mengamati perkembangan KTM sejauh ini, termasuk gaya membalap para rider-nya. Seperti Brad Binder, dimana ia mampu melaju dengan begitu cepat tapi tetap stabil jika dibandingkan dengan Pol Espargaro. Dovi melihat Pol sering kehilangan kecepatan ketika berada di lap terakhir, tapi tetap saja gaya berkendaranya begitu agresif.

Sementara itu pembalap KTM lainnya, Miguel Oliveira, disebut Dovi sangat sulit untuk membaca gaya berkendaranya yang sangat berbeda dari Binder dan Pol. Dovi juga mengaku hampir tak bisa melihat sisi positif dan kekurangan dari motor RC16 yang dipakai rider tersebut. Bahkan Dovi sendiri tak tahu kenapa ia tak begitu paham betul akan motor serta pembalap KTM karena berbeda dengan apa yang ia pahami selama ini.

‘The Little Dragon’ julukan Dovi, juga menuturkan kalau KTM sepertinya melakukan perubahan besar yang berpengaruh pada performa pembalapnya. Meskipun ada kekurangan yang dimiliki Pol, tapi yang lainnya memberikan kemampuan yang seolah belum pernah dilihat oleh Dovi sebelumnya. Apapun ‘keanehan’ yang diamatinya, Dovi menganggap itu semua sudah cukup bagus untuk meningkatkan reputasi KTM pada musim ini.

Memang begitu mengejutkan karena sebelumnya, KTM selalu berada di peringkat terbawah klasemen MotoGP, dengan Honda yang selalu di posisi teratas. Tapi musim 2020 ini semuanya berubah 180 derajat. Dimana KTM sudah mulai unggul sementara Honda hampir tak bisa berbuat apapun sejak Marc Marquez absen dari balapan.

Klasemen konstruktor MotoGP 2020 (Catalunya) : Yamaha (163 poin), Ducati (126 poin), Suzuki (113 poin), KTM (109 poin), Honda (72 poin), Aprilia (30 poin)

Be the first to comment

Leave a Reply